Pelatihan Pembuatan Akun Media Sosial Instagram Bisnis dan Facebook Kepada Masyarakat Sasaran Pelaku UMKM Kuliner Desa Sambangan.
- Oleh Kadek Natalia Megasari
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 259, Kelompok, Kelompok
Pada hari Minggu, 18 Juli
2021 dilakukan kegiatan lanjutan
dengan melakukan pelatihan pembuatan akun sosial media kepada masyarakat sasaran. Kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari materi yang sudah disampaikan kemarin yaitu bahwa sosial media lebih
cocok digunakan oleh masyarakat sasaran dalam melakukan penjualan online. Oleh karena
hal tersebut mendorong minat masyarakat
sasaran untuk memasarkan produk mereka melalui
sosial media. Adapun akun sosial media yang dibuat yaitu berupa Instagram Bisnis dan
Facebook.
Sebelum akun sosial media
diuat, penulis terlebih dahulu
menjelaskan mengenai perbedaan akun Instagram untuk pribadi maupun Instagram bisnis. Berdasarkan sumber yang dibaca
penulis, dalam pembuatan instagram bisnis maupun instagram untuk pribadi sama-sama tidak
berbayar alias gratis. Instagram bisnis ditujukan utuk orang- orang yang menggunakan instagram untuk mengembangkan bisnisnya, baik untuk mempromosikan produk ataupun untuk berkomunikasi dengan calon customernya.
Yang membedakan instagram pribadi dengan
instagram bisnis terletak
pada fiturnya. Pada instagram
bisnis terdapat fitur tambahan yakni :
1. Profile Akun : Pada akun instagram bisnis, dapat menambahkan kategori bisnis, seperti
bisnis, fashion, retail, organization,blog
pribadi,dll dan juga bisa
menambah alamat perusahaan)
2. Menu Kontak : Pada akun instagram biasa, hanya bisa mengirim DM (Dirrect Message), namun pada instagram bisnis dapat berkomunikasi dengan calon customer
melalui telepon atau email. Nomor telepon dan email dapat dimasukkan pada menu
"contact"
3. Fitur Insight : Fitur ini hanya dapat ditemui di akun bisnis, ada 3 menu yang terdapat pada
menu insight yaitu Activity, Content, dan
Audience. Activy (dapat
mengetahui jumlah interaksi yang terjadi pada
akun bisnis, berapa kali profil bisnis dikunjungi,dlI),
Content (Dapat mengetahui berapa banyak
akun yang melihat konten yang diposting, dan
informasi konten lainnya), Audience (dapat memperoleh
data-data mengenai followers akun instagram
bisnis).
Berdasarkan penjelasan tersebut, tentunya masyarakat sasaran lebih memilih untuk mempunyai akun instagram bisnis. Namun sebelum memiliki akun instagram bisnis masyarakat sasaran harus terlebih dahulu mempunyai akun facebook. Hal tersebut dikarenakan untuk menjadikan akun
instagram menjadi akun
bisnis, instagram harus dihubungkan dengan
halaman facebook. Dari 5 masyarakat sasaran
terdapat 2 masyarakat sasaran yang belum
mempunyai akun facebook, untuk itu penulis
secara langsung memandu masyarakat sasaran
tersebut dalam membuat akun facebook. Pelatihan
membuat akun sosial media ini dilaksanakan
secara daring melalui WhatsApp Group.
Penulis mengirimkan panduan pembuatan akun
dengan memberikan contoh berupa screenshoot
dan memberikan penjelasan pada setiap
gambar screenshoot yang telah dikirim. Masyarakat
sasaran langsung mengikuti arahan
yang diberikan penulis dan beberapa menit menjadi akun bisnis,
instagram harus dihubungkan dengan
halaman facebook. Dari 5 masyarakat sasaran
terdapat 2 masyarakat sasaran yang belum
mempunyai akun facebook, untuk itu penulis
secara langsung memandu masyarakat sasaran
tersebut dalam membuat akun facebook. Pelatihan
membuat akun sosial media ini dilaksanakan
secara daring melalui WhatsApp Group.
Penulis mengirimkan panduan pembuatan akun dengan memberikan contoh berupa screenshoot dan memberikan penjelasan pada setiap gambar screenshoot yang telah
dikirim. Masyarakat sasaran langsung mengikuti
arahan yang telah diberikan penulis, dan beberapa
menit kemudian akun sosial media selesai dibuat
oleh masyrakat sasaran. Setelah semua
masyarakat sasaran mempunyai
akun facebook, kemudian dilanjutkan
dengan pembuatan halaman di facebook.
Halaman facebook tersebut nantinya akan
dihubungkan dengan akun instagram agar bisa
dijadikan akun bisnis. Pembuatan halaman facebook
cukup mudah, hal tersebut terbukti dengan
para masyarakat sasaran sangat cepat dalam
membuat halaman facebook. Penulis hanya sekali
memberikan arahan, dan para masyarakat sasaran
langsung mengikuti dan tana banyak bertanya
halaman facebook yang dibuat sangat
cepat diselesaikan hal tersebut terjadi karena kesriusan dari
masyarakat sasaran.
Setelah pembuatan akun facebook dan halaman facebook selesai, kemudian dilanjutkan
dengan pembuatan akun instagram. Dalam membuat
akun instagram ini cukup cepat, karena sudah
membuat akun facebook sebelumnya. Pertama-tama
buka terlebih dahulu aplikasi instagram yang
sudah diunduh, lalu pada tampilan awal akan
muncul dengan tulisan "lanjutkan sebagai
akun facebook'. Langkah
selanjutnya adalah dengan mengklik tulisan
tersebut dan mengisi beberapa data pribadi.
Setelah itu, akun instagram selesai dibuat. Namun
akun instagram tersebut masih dalam bentuk
akun pribadi, untuk mengubah menjadi akun
bisnis hanya tinggal beberapa langkah saja. Tinggal
mengedit profile saja, klik bagian "edit profile"
yang terdapat pada tampilan profile akun, lalu
edit bio instagram seperti menambahkan deskripsi
jualan dan menambahakan nomor WA setelah
itu scroll sedikit kebawah klik "beralih akun ke professional" dan pilih akun
bisnis, lengkapi data seperti saat melengkapi halaman blog, Akun bisnis instagram selesai dibuat.
Pelatihan pembuatan akun sosial media berlangsung dari pukul 14.00 WITA hingga
pukul 17.30 WITA, adapun dokumentasi kegiatan
melalui WhatsApp Group akan saya lampirkan pada
link berikut :
https://drive.google.com/drive/folders/1bCbHgIltGYC1B9Q-8qcDro5i0mPFtTuc?usp=sharing