Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Power Point

Pada hari Selasa tanggal 13 Juli 2021 merupakan hari ke sembilan pelaksanaan kegiatan KKNbD. Pada tanggal ini, kegiatan saya masih berupa memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis audiovisual kepada masyarakat sasaran yaitu guru wali kelas 4. Sesuai dengan kontrak waktu pada proposal kegiatan pelatihan ini dimulai pada pukul 08.30-10.30 WITA yang mana kegiatan pelatihan ini dimulai dari tanggal 7-24 Juli 2021. Kegiatan pelatihan ini berlangsung secara daring melalui zoom meeting yang mana dilaksanakan di rumah masing-masing. Dalam hal ini saya dua kali mengirimkan link zoom meeting dikarenakan gangguan jaringan sinyal baik dari saya maupun dari ibu guru wali kelas 4. Selain itu, kendala lainnya yaitu karena ibu guru wali kelas 4 pertama kali membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi microsoft power point yang mengakibatkan ibu guru kebingungan ketika muncul tulisan-tulisan ataupun mencari menu-menu yang lainnya. Disini saya menshare screen template power point yang sebelumnya sudah didownload oleh ibu guru yang nantinya digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini. Melalui zoom saya memandu ibu guru dan karena ibu guru tidak bisa melakukan share screen layar maka saya meminta untuk memfoto bagian yang belum bisa atau belum ditemukan kemudian dikirim di grup whatsapp. Disini saya memulai pada slide 1 yaitu membuat bagian pembuka seperti identitas materi, karena pada template sudah disedikan seperti bingkai sehingga kita hanya menuliskan tulisan tersebut di dalamnya. Ketika menyesuaikan tulian tersebutlah, ibu guru merasa kebingungan karena tulisan yang dibuatnya tidak mau seperti yang saya share screen. Kemudian saya arahkan kembali ibunya dan hampir mau tulisannya. Setelah mencoba dan mencobanya akhirnya ibu guru memutuskan untuk melanjutkannya nanti setelah kegiatan pelatihan mengingat saya menggunakan link zoom yang dibatasi penggunaannya sekitar 40 menit. Kemudian saya lanjutnya ke slide kedua yaitu menuliskan kompetensi dasar. Pada saat itu ibu guru sudah membawa buku lembar kerja siswa namun tidak berisi kompetensi dasar. Sehingga kemudian saya mengarahkan ibu guru untu mengakses buku guru dan juga buku siswa di google. Setelah bukunya dibuka oleh ibu guru kemudian saya meminta untuk melihat pada tema 1 subtema 1 dan pada pembelajaran 1. Selain itu, tampak terlihat berbeda muatan mata pelajaran pada buku LKS yang dibawa oleh ibu guru tadi dengan buku guru yang sudah diaksesnya. Sehingga saya menyarankan untuk mengikuti buku guru yang ada di google karena buku tersebut sudah direvisi. Selanjutnya ibu guru menuangkan kompetensi dasar pada slide power point.

 

Tentang Penulis