Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Suku Kata
- Oleh Ni Putu Putri Kemuning Sari
- Sunday 25/07/2021
- Kelompok 33, Kelompok, Kelompok
Dalam meningkatkan keterampilan membaca masyarakat sasaran, saya juga memilih metode suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa kelas rendah. Pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata dilakukan pada Kamis, 22 Juli 2021 yang dilaksanakan secara langsung di rumah pengajar. Langkah awal menerapkan metode suku kata yakni mengajarkan masyarakat sasaran membaca suku kata tunggal seperti ba, bi, bu, be, dan bo yang tidak memiliki makna apapun. Setelah itu mengajarkan masyarakat sasaran membaca kata dengan menggabungkan persuku kata sehingga menjadi kata yang bermakna, dimana dalam hal ini memilih beberapa contoh kata yang suku katanya tidak diakhiri huruf mati dengan pertimbangan bahwasannya masih terlalu dini untuk mengajarkan konsep membaca tersebut. Adapun contohnya yakni Bu-Ku, dalam kata tersebut suku kata Bu ditambah Ku menjadi Buku. Selanjutnya mengajarkan masyarakat sasaran untuk membuat kalimat sederhana menggunakan suku-suku kata tersebut contohnya Didi Baca Buku. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan terhadap kemampuan siswa dalam mengimplementasikan metode suku kata yakni sebagai berikut.
No |
Nama Masyarakat Sasaran |
Kelas |
Keterangan |
1. |
Ni
Kadek Sri Ajeng Kartini |
I |
Bisa |
2. |
I Gede Jayasaba Putra |
II |
Bisa |
3. |
I Made Riski Dwi Aditya |
II |
Bisa |
4. |
I Kadek Merta Ananta Sudiksa Yasa |
II |
Bisa |
5. |
I Komang Low Pradita |
III |
Bisa |
Dalam melaksanakan pembelajaran mengggunakan metode suku kata ini dapat
dilihat semua siswa sudah mampu mengimplementasikan metode tersebut. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pembelajaran
membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata dapat diakses melalui
link google drive berikut https://drive.google.com/file/d/1Ch29bwCzbv3O82hok1finw4QakNI3RfS/view?usp=drivesdk