Pembelajaran Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Suku Kata

Dalam meningkatkan keterampilan membaca masyarakat sasaran, saya juga memilih metode suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa kelas rendah. Pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata dilakukan pada Kamis, 22 Juli 2021 yang dilaksanakan secara langsung di rumah pengajar. Langkah awal menerapkan metode suku kata yakni mengajarkan masyarakat sasaran membaca suku kata tunggal seperti ba, bi, bu, be, dan bo yang tidak memiliki makna apapun. Setelah itu mengajarkan masyarakat sasaran membaca kata dengan menggabungkan persuku kata sehingga menjadi kata yang bermakna, dimana dalam hal ini memilih beberapa contoh kata yang suku katanya tidak diakhiri huruf mati dengan pertimbangan bahwasannya masih terlalu dini untuk mengajarkan konsep membaca tersebut. Adapun contohnya yakni Bu-Ku, dalam kata tersebut suku kata Bu ditambah Ku menjadi Buku. Selanjutnya mengajarkan masyarakat sasaran untuk membuat kalimat sederhana menggunakan suku-suku kata tersebut contohnya Didi Baca Buku. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan terhadap kemampuan siswa dalam mengimplementasikan metode suku kata yakni sebagai berikut.

No

Nama Masyarakat Sasaran

Kelas

Keterangan

1.

               Ni Kadek Sri Ajeng Kartini

          I      

Bisa

2.

I Gede Jayasaba Putra

II

Bisa

3.

I Made Riski Dwi Aditya

II

Bisa

4.

I Kadek Merta Ananta Sudiksa Yasa

II

Bisa

5.

I Komang Low Pradita

III

Bisa


Dalam melaksanakan pembelajaran mengggunakan metode suku kata ini dapat dilihat semua siswa sudah mampu mengimplementasikan metode tersebut. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode suku kata dapat diakses melalui link google drive berikut https://drive.google.com/file/d/1Ch29bwCzbv3O82hok1finw4QakNI3RfS/view?usp=drivesdk


Tentang Penulis