Pemberian Edukasi dan Diskusi Dengan Masyarakat Sasaran Terkait Materi Cara Promosi Produk Menggunakan Instagram
- Oleh Ni Putu Dian Ganesuari
- Monday 26/07/2021
- Kelompok 99, Kelompok, Kelompok
Program kerja ketiga dilanjutkan dengan kegiatan pemberian materi berupa powerpoint, video, diskusi dan penyampaiakn hasil diskusi kepada masyarakat sasaran. Pemberian materi kepada masyarakat sasaran bertujuan agar mempermudah pemahaman terkait cara promosi produk menggunakan Instagram yang banyak dijadikan permasalahan oleh masyarakat sasaran. Pemberian materi berupa powerpoint dan vidio (dilaksanakan tanggal 22 dan 23 Juli 2021), diskusi dengan masyarakat sasaran (dilaksanakan tanggal 24 juli 2021), dan penyampaian hasil diskusi (dilaksanakan tanggal 24 Juli 2021).
Cara mempromosikan produk menggunakan Instagram merupakan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sasaran saat observasi awal, kurangnya pemahaman terkait promosi ini menyebabkan daya beli masyarakat yang menurun dirasakan secara signifikan sehingga masyarakat sasaran kesulitan dalam menjual produknya karena jumlah pelanggan yang berkurang sehingga harus lebih meluas bidang promosi produk. Salah satu hal yang menyebabkan pemasaran kurang meluas karena belum melakukan promosi Online sehingga bisa berpengaruh terhadap keberlangsungan usahannya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi penulis memberikan materi terkait cara promosi produk menggunakan Instagram agar masyarakat sasaran bisa meningkatkan pemahaman dalam mempromosikan produknya dan memiliki wawasan yang lebih untuk memperluas produk yang akan dijual. Dalam memberikan materi dipaparkan tentang beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk menggunakan Instagram berupa powerpoint. Vidio – video yang terkait juga diberikan agar lebih menarik dan bisa mempermudah masyarakat sasaran untuk memahami materi yang diberikan.
Pada tahap diskusi masyarakat sasaran menyampaikan masalah berupa pertanyaan terkait materi yang telah penulis sampaikan. Penulis menjelaskan terkait masalah - masalah yang disampaikan oleh masyarakat sasaran diantaranya tentang tips untuk membuat caption yang menarik agar bisa menambah jumlah pembeli dalam promosi produk menggunakan Instagram, penjelasan tentang CTA, dan yang wajib di posting dalam feeds Instagram agar bisa menarik jumlah konsumen lebih banyak. Setelah tahap diskusi penulis menyampaikan hasil dari diskusi yang dilakukan dengan masyarakat sasaran melalui WhatsApp Grup dengan tujuan agar dibaca dan dipahami lebih lanjut terkait permasalahan yang dihadapi terkait materi yang sudah disampaikan.
Sumber vidio yang diberikan terkait materi yang dijelaskan:
CARA JUALAN DI INSTAGRAM - Bisnis Bareng Keke #6
Powerpoint dan vidio presentasi: