Pemberian Edukasi dan Diskusi Mengenai Gambaran Umum E-Commerce Dan Tokopedia Kepada Masyarakat Sasaran.
- Oleh I Kadek Arya Antara
- Monday 20/07/2020
- Kelompok 287, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 9-10 juli 2020, kegiatan yang dilakukan adalah pemberian edukasi dan diskusi mengenai gambaran umum e-commerce dan tokopedia kepada masyarakat sasaran.
Pada Kegiatan selanjutnya yang saya lakukan adalah pemberian edukasi dan diskusi mengenai gambaran umum E-commerce dan Tokopedia. Sebelum masyarakat sasaran diajarkan menggunakan dan memanfaatkan E-commerce Tokopedia, mereka saya berikan pemahaman mengenai gambaran umum E-commerce dan Tokopedia terlebih dahulu. Kegiatan ini juga dilakukan secara online grup WhatApp.
Di dalam kegiatan ini, saya menyajikan materi dengan menggunakan power point. Materi ini berisikan tentang pengertian E-commerce, manfaat E-commerce, pengertian Tokopedia, fungsi Tokopedia dan langkah-langkah berjualan di Tokopedia (saya juga akan menyajikan video tutorial cara di kegiatan minggu berikutnya). Materi tersebut saya buat dengan menggunakan kata-kata baku, umum dan mudah dimengerti dengan tujuan agar mudah dipahami oleh masyarakat sasaran. Sebagai tambahan, saya menyisipkan beberapa gambar ilustrasi agar masyarakat sasaran lebih tertarik untuk membacanya.
Berikut ini merupakan link untuk mengakses materi yang saya buat:
https://drive.google.com/file/d/150VW_24YmlxwFXv9bc3mrju9VEjKW5Bk/view?usp=sharing
Saya menyajikan materi tersebut dengan cara mengirimkannya ke grup WhatsApp yang berisikan masyarakat sasaran. Materi yang telah saya kirimkan, kemudian dibaca dan dicermati oleh masyarakat sasaran. Saya memilih untuk mengirim materi tersebut lewat grup WhatsApp dan bukan melalui video call agar masyarakat sasaran bisa membacanya kapan saja disaat mereka memiliki waktu luang agar tidak mengganggu aktivitas mereka. Serta, saya juga memberikan kesempatan untuk bagi masyarakat sasaran bertanya dan berdiskusi mengenai hal-hal yang belum dipahami terkait E-commerce dan Tokopedia.
Setelah membaca dan mencermati materi tersebut, ada beberapa masyarakat sasaran yang masih sedikit bingung terhadap pemahaman dari E-commerce dan Tokopedia. Kendala di dalam kegiatan ini adalah belum paahamnya masyarakat sasaran terhadap materi yang saya sajikan sehingga muncul beragam pertanyaan terkait materi yang dari masyarakat sasaran. Oleh karenya, saya kembali menjelaskan dengan lebih terperinci agar masyarakat sasaran benar-benar paham. Dalam hal ini, saya menjelaskan kembali materi dengan menggunakan voice note dengan tujuan agar masyarakat sasaran lebih mudah memahaminya. Namun ada salah satu dari masyarakat sasaran yang sudah mengerti dengan materi yang saya berikan karena sudah pernah berbelanja secara online.
Berikut ini merupakan beberapa pertanyaan yang di ajukan oleh masyarakat sasaran;
1. Bapak masih bingung, nanti yang beli barangnya siapa ya? bule atau orang local
Di dalam hal ini, kemudian saya menjelaskan “yang nantinya membeli barang atau produk yang dijual itu adalah masyarakat di Indonesia karena Tokopedia itu memang khusus di Indonesia. Kalo bapak mau menjual barang untuk bule, itu memerlukan platform E-commerce yang berbeda bapak dan pastinya sistemnya mungkin lebih sulit”.
2. Kalo pengiriman barangnya itu bagimana ya, arya?
Saya kemuadian menjelaskan “pengiriman barangnya itu menggunakan jasa pengirimana barang seperti Post, JNT, JNE dan lain sejenisnya”. Saya juga menambahkan “ untuk jasa pengirimananya itu bebas. Nanti jika ada yang membeli produk atau barang yang kita jual, si pembeli akan mencantumkan alamatnya ke system Tokopedia. Kemudian penjual akan mengirimkan barangnya sesuai alamat tersebut”.
Semua masyarakat sasaran juga memberikan respons yang baik terhadap power point yang saya sajikan. Mereka juga menunjukkan keantusiasannya di dalam berkontribusi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, masyarakat sasaran diharapkan mengetahui lebih dalam mengenai E-commerce dan Tokopedia yang mana hal ini akan memudahkan saya untuk melatih masyarakat sasaran di dalam menggunakannya.