Pemberian Edukasi Pemasaran Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi

                Program dari KKNbD Desa Sayan di minggu kedua ini membahas terkait pemasaran secara umum dan e-commerce secara khusus. Hari pertama di minggu kedua yaitu 10 Juli 2021, kegiatan ini berlangsung di Grup Whatsapp dan membahas tentang pemasaran e-commerce. Kegiatan ini diikuti oleh enam masyarakat sasaran secara antusias. Kegiatan ini berawal dari pemberian polling mengenai “Serba-Serbi Online”. Polling ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengalaman mereka terkait transaksi online secara umum sebelum dilanjutkan ke materi  https://pollsgo.com/poll.html?p=4mK52SM. Dari tujuh pertanyaan polling itu, jawaban dari mitra sangat beragam, dan ada satu masyarakat sasaran yang tidak suka berbelanja online karena memiliki pengalaman buruk dan seluruh mitra belum pernah memasarkan produk baik itu secara online maupun manual, sehingga mereka membutuhkan solusi yang relevan.

            Hari selanjutnya yaitu 11 Juli 2021, kegiatan dilaksanakan secara daring di Grup Whatsapp. Kegiatan ini diikuti oleh 6 masyarakat sasaran dengan langsung memberikan solusi berupa materi melalui PPT. Dari PPT itu, sebagian besar mitra memiliki kendala sehingga kami melaksanakan diskusi virtual. Pada 12 Juli 2021, kegiatan KKNbD juga dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 6 mitra yang sangat antusias melanjutkan diskusi kemarin agar mereka benar-benar paham sebelum dilanjutkan dengan kegiatan yang lebih menantang. Sebelum tantangan itu dimulai, saya juga memberikan survey terkait e-commerce yang dikaitkan dengan masa pandemic.

            Sebelum dilanjutkan ke tahap akhir di e-commerce, kami menyepakati waktu pada 14 Juli 2021 pukul 17.00 WITA akan dilaksanakan kegiatan KKNbD. Kegiatan ini sudah berjalan sesuai rencana dengan enam mitra didalamnya. Prospek iklan telah kami bahas sekilas karena di e-commerce tersedia iklan penunjang. Banyak mitra yang masih ragu dan bingung tentang iklan sehingga kami mendiskusikan secara bersama dengan mengadakan sesi tanya jawab. Diskusi berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait “Pentingnya Usaha Menggunakan E-Commerce”. Sama seperti kegiatan sebelumnya, masih banyak mitra yang berpartisipasi dan antusias dalam memberikan tanggapan ataupun pertanyaan.

            Setelah kegiatan diskusi selesai, 16 Juli 2021 kegiatan dilanjutkan dengan sebuah evaluasi e-commerce melalui Google Form. Alokasi waktu yang diberikan kepada mitra adalah 2 jam dari pukul 13.00-15.00 serta mitra bisa langsung melihat score yang didapatkan https://docs.google.com/forms/d/1YwXJU3ZrqKbYJesPFqHfbwhTj2tSAY_BWB2Qf7etMok/edit#responses.  Dapat disimpulkan bahwa minggu kedua ini, dari pemberian polling, materi, diskusi, dan berakhir pada evaluasi sudah berjalan sesuai rencana yang dibuktikan dengan antusias masyarakat dan nilai yang diperoleh dari evaluasi e-commerce.

Tentang Penulis