Pemberian materi edukasi kedua mengenai cara dan strategi bisnis online kepada masyarakat sasaran di Desa Kaibukbuk.
- Oleh Kadek Yani Safitri
- Thursday 29/07/2021
- Kelompok 56, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 22 juli
Telah terlaksana pemberian materi edukasi kedua mengenai
cara dan strategi bisnis online kepada masyarakat sasaran dan dilanjutkan
dengan diskusi bersama masyarakat sasaran di desa kalibukbuk.
Kegiatan tersebut diawali melalui WA grup pukul 10.00 wita. Dengan
pemberian materi berupa powerpoint dari saya yang direspon cukup baik oleh
masyarakat sasaran dan menghasilkan beberapa pertanyaan.
Powerpoint tersebut membahas mengenai strategi promosi
online yaitu sebagai berikut :
1.
Kenali target pasar dan pelanggan
Pertama kita harus mengenali target pasar
dan pelanggan yang merupakan target utama kita dalam berbisnis, disini kita
harus menentukan produk apa yang disukai oleh target atau pelanggan dan bisa
menarik daya Tarik dari target tersebut untuk membeli produk yang kita jual atau
pasarkan.
2.
Sosial
media
jaman
sekarang tidak hanya kalangan remaja
saja yang menggunakan sosial media, tetapi sosial media sudah digunakan
oleh semua kalangan, jadi dengan kita berbisnis melalui sosial media, itu akan
bisa menarik semua kalangan untuk
membeli produk yang kita jual. banyak sosial media yang bisa di gunakan dalam
melakukan bisnis online salah satunya instagram disini sudah ada pilihan market
place yang kita bisa gunakan untuk memromosikan dagangan yang kita punya.
3.
rajin
memposting setiap hari
kita
harus rajin membuat foto atau video dari produk yang kita jual dan memposting
foto atau video tersbut setiap hari. Dengan cara tersebut ini akan membuat
orang-orang tahu mengenai produk-produk yang kita buat dan jual. Tidak hanya
itu orang-orang juga akan tahu detail produk yang kita jual
4.
konten produk lebih bervariasi
dalam
berbisnis online kita harus mempunyai kreativitas yang tinggi, supaya pada saat
kita membuat konten-konten terkait produk yang kita jual lebih bervariasi supaya
orang-orang yang melihat konten kita tertarik untuk membeli produk dari kita.
5.
info dalam produk lengkap
dalam
menjual produk sangat penting jika kita memberikan informasi terkait produk
yang kita jual. Hal ini bertujuan untuk mendapat rasa simpati atau kenyamanan
dari pembeli agar mereka tau bagaimana kualitas produk yang kita jual tersebut
seperti manfaat dari produk yang kita jual.
6.
membuat
promo dan give away yang menarik
hal ini merupakan cara agar kita bisa
mempertahankan dan juga menarik daya Tarik orang-orang supaya produk yang kita
jual bisa laku dipasaran. Contoh promo yang bisa dilakukan yaitu promo beli 1
gratis satu atau give away yang menarik dengan tujuan menarik konsumen dan
mempertahankan konsumen yang sudah pernah membeli produk kita terlebih dahulu.
7.
Meminta review atau testimoni dari pembeli dalam
berbelanja online,
kepercayaan para konsumen sangat penting. Oleh
karena itu dengan meminta review atau testimoni dari pembeli, para konsumen
percaya dan juga tahu keunggulan dari produk yang kita jual.
8.
Influencer
Dengan
menggunakan jasa influencer dapat membantu kita dalam membuat produk kita
menjadi pusat perhatian dari banyak followers influencer tersebut, salah satu
contoh seperti influencer instagram. Dan jika para influencer memakai produk
dari kita, maka para followers tersebut akan tertarik dengan apa yang
influencernya gunakan, dan kebanyakan para followersnya akan tertarik dan
membeli produk bisnis kita. Dan Dengan memakai jasa influencer, dapat membangun
sebuah kepercayaan konsumen terhadap produk maupun jasa pada bisnis kita.
Setelah dilakukan proses pemberian materi
dalam bentuk powerpoint yang dikirim melalui wa grup masyarakat sasaran desa
kalibukbuk memberi respon positif dengan
memberikan beberapa pertanyaan dengan contoh cara mengatasi pelanggan yang complain
dari pertanyaan diatas saya menilai bahwa antusias dari masyarakat desa
kalibukbuk sangatlah tinggi.
Proses diskusi yang berlangsung di WA grup berjalan dengan kondusif.
adapun link powerpoint