Pemberian materi edukasi kedua mengenai cara dan strategi bisnis online kepada masyarakat sasaran di Desa Kaibukbuk.

Pada tanggal 22 juli

 

Telah terlaksana pemberian materi edukasi kedua mengenai cara dan strategi bisnis online kepada masyarakat sasaran dan dilanjutkan dengan diskusi bersama masyarakat sasaran di desa kalibukbuk.

Kegiatan tersebut diawali melalui WA grup pukul 10.00 wita. Dengan pemberian materi berupa powerpoint dari saya yang direspon cukup baik oleh masyarakat sasaran dan menghasilkan beberapa pertanyaan.

Powerpoint tersebut membahas mengenai strategi promosi online yaitu sebagai berikut :

1.       Kenali target pasar dan pelanggan

Pertama kita harus mengenali target pasar dan pelanggan yang merupakan target utama kita dalam berbisnis, disini kita harus menentukan produk apa yang disukai oleh target atau pelanggan dan bisa menarik daya Tarik dari target tersebut untuk membeli produk yang kita jual atau pasarkan.

2.        Sosial media

 jaman sekarang tidak hanya kalangan remaja  saja yang menggunakan sosial media, tetapi sosial media sudah digunakan oleh semua kalangan, jadi dengan kita berbisnis melalui sosial media, itu akan bisa menarik   semua kalangan untuk membeli produk yang kita jual. banyak sosial media yang bisa di gunakan dalam melakukan bisnis online salah satunya instagram disini sudah ada pilihan market place yang kita bisa gunakan untuk memromosikan dagangan yang kita punya.

3.        rajin memposting setiap hari

 kita harus rajin membuat foto atau video dari produk yang kita jual dan memposting foto atau video tersbut setiap hari. Dengan cara tersebut ini akan membuat orang-orang tahu mengenai produk-produk yang kita buat dan jual. Tidak hanya itu orang-orang juga akan tahu detail produk yang kita jual

4.       konten produk lebih bervariasi

 dalam berbisnis online kita harus mempunyai kreativitas yang tinggi, supaya pada saat kita membuat konten-konten terkait produk yang kita jual lebih bervariasi supaya orang-orang yang melihat konten kita tertarik untuk membeli produk dari kita.

5.       info dalam produk lengkap

 dalam menjual produk sangat penting jika kita memberikan informasi terkait produk yang kita jual. Hal ini bertujuan untuk mendapat rasa simpati atau kenyamanan dari pembeli agar mereka tau bagaimana kualitas produk yang kita jual tersebut seperti manfaat dari produk yang kita jual.

6.       membuat promo dan give away yang menarik

 hal ini merupakan cara agar kita bisa mempertahankan dan juga menarik daya Tarik orang-orang supaya produk yang kita jual bisa laku dipasaran. Contoh promo yang bisa dilakukan yaitu promo beli 1 gratis satu atau give away yang menarik dengan tujuan menarik konsumen dan mempertahankan konsumen yang sudah pernah membeli produk kita terlebih dahulu.

7.       Meminta review atau testimoni dari pembeli dalam berbelanja online,

 kepercayaan para konsumen sangat penting. Oleh karena itu dengan meminta review atau testimoni dari pembeli, para konsumen percaya dan juga tahu keunggulan dari produk yang kita jual.

 

8.        Influencer

 

Dengan menggunakan jasa influencer dapat membantu kita dalam membuat produk kita menjadi pusat perhatian dari banyak followers influencer tersebut, salah satu contoh seperti influencer instagram. Dan jika para influencer memakai produk dari kita, maka para followers tersebut akan tertarik dengan apa yang influencernya gunakan, dan kebanyakan para followersnya akan tertarik dan membeli produk bisnis kita. Dan Dengan memakai jasa influencer, dapat membangun sebuah kepercayaan konsumen terhadap produk maupun jasa pada bisnis kita.

 

Setelah dilakukan proses pemberian materi dalam bentuk powerpoint yang dikirim melalui wa grup masyarakat sasaran desa kalibukbuk  memberi respon positif dengan memberikan beberapa pertanyaan dengan contoh cara mengatasi pelanggan yang complain dari pertanyaan diatas saya menilai bahwa antusias dari masyarakat desa kalibukbuk sangatlah tinggi.

 Proses diskusi yang berlangsung di WA grup berjalan dengan kondusif.

adapun link powerpoint  

Tentang Penulis