Pemberian Materi mengenai Copywriting Lanjutan

Kemarin, tepatnya tanggal 17 Juli 2020 telah terlaksana kegiatan berupa pemberian materi mengenai Copywriting Lanjutan. Materi tersebut tersampaikan melalui video singkat yang berjudul "Tips-Tips Copywriting dalam memasarkan produk berupa Upakara melalui Sosial Media". Selain tips-tips tersebut, juga disampaikan mengenai maraknya pedagang upakara yang ada. Terutama di Bali yang mayoritas beragama Hindu. Sehingga persaingan antar pedagang terjadi. Peralihan penjualan melalui sosial media memang efektif, namun jika tidak dikelola dengan baik maka penjualan tersebut akan terkesan monoton.

Salah satunya adalah caption dari penjualan yang kurang menarik perhatian pembeli. Sehingga wajar, jika pembeli akan langsung scroll ke bawah. Oleh karenanya, saya memadukan Copywriting (yang biasanya digunakan dalam media cetak) dengan penjualan melalui media sosial. Hal ini karena, penjualan melalui media sosial  bagi  pedagang upakara telah berjalan dengan baik. Sehingga program kerja saat ini, adalah memaksimalkan penjualan tersebut melalui caption (Copywriting). Tips-tips Copywriting yang tersampaikan melalui video tersebut, didasarkan (dikutip) melalui jurnal Hereyah: 2014 diantaranya menggunakan daya tarik harga, daya tarik emosional, dan lainnya

Partisipasi masyarakat sasaran sangat positif, bahkan beberapa masyarakat telah menerapkannya. 


Berikut:

Hereyah, Yoyoh. 2014. Iklan Mobil di Media Cetak Analisis Elemen Copywriting dan Visualisasi di Majalah SWA. Jurnal Visi Komunikasi Volume 13 No 02

Video Materi 2




Tentang Penulis
Ni Komang Merry Rastyaningsih