Pemberian materi pengetahuan dasar tentang media sosial serta bagaimana pemanfaatannya sebagai media promosi untuk masyarakat sasaran
- Oleh Kadek Rama Raditia
- Saturday 17/07/2021
- Kelompok 134, Kelompok, Kelompok
Hari Sabtu (17/07/2021) telah dilaksanakan pemberian materi kepada masyarakat sasaran. Pemberian materi dilaksanakan melalui Google Meet yang dihadiri oleh masyarakat sasaran beserta saya sendiri sebagai pemberi materi. Materi yang dibahas merupakan materi dasar pengetahuan tentang media sosial yang mencakup tentang apa itu media sosial, apa manfaatnya untuk bisnis sampai dengan bagaimana pemanfaatannya sebagai media promosi. Masyarakat diizinkan untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai materi yang diberikan dengan harapan masyarakat mampu memahami dengan baik mengenai materi yang diberikan. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 1 jam, termasuk diskusi dan tanya jawab. Masyarakat memberikan respond positif dengan aktif melakukan diskusi dan tanya jawab dalam kegiatan pemberian materi ini.
Di akhir kegiatan pemberian materi, kami melakukan diskusi mengenai platform media sosial apa yang tepat digunakan untuk menyesuaikan dengan kondisi masyarakat sasaran saat ini, target konsumen yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan masyarakat sasaran dan bagaimana membuat konten yang efektif agar konsumen tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
Dari hasil diskusi yang dilakukan, berdasarkan dengan kondisi masyarakat sasaran yang rata - rata merupakan pemilik usaha kecil. Untuk saat ini, masyarakat diharapkan untuk menggunakan metode yang rendah biaya namun efektif untuk meningkatkan hasil penjualan. Seperti contohnya memasarkan produknya di marketplace media sosial. Media sosial yang disarankan ialah Facebook, dikarenakan masyarakat sasaran yang lebih terbiasa menggunakan media sosial Facebook dibandingkan dengan Instagram dan platform media sosial lainnya. Masyarakat dapat memanfaatkan fitur marketplace yang terdapat pada Facebook. Dengan menggunakan Facebook marketplace, pencarian target konsumen untuk produk atau jasa yang ditawarkan bisa disesuaikan dikarenakan terdapatnya fitur penyesuaian pembeli dan lain sebagainya. Saya juga menyarankan penggunaan media sosial komunikasi yang umum digunakan seperti WhatsApp Business untuk membantu dalam berkomunikasi dengan konsumen serta sekaligus memasarkan produk dari masyarakat sasaran.