Pemberian Materi Pentingnya Penggunaan Sosial Media melalui Grup WhatsApp, Pengenalan Aplikasi Instagram untuk Memasarkan Produk dan Bagaimana Cara Menggunakannya pada Masyarakat Sasaran di Perumahan Mandung V, Kerambitan, Tabanan.
- Oleh Herlina Auriellas Zalsa Bella
- Sunday 25/07/2021
- Kelompok 255, Kelompok, Kelompok
Dalam minggu kedua pelaksanaan KKNbD, penulis mempersiapkan materi mengenai pentingnya penggunaan sosial media untuk pemasaran produk pada hari Rabu, 14 Juli 2021. Penulis memilih materi melalui artikel Google dan video YouTube. Persiapan materi yang dilakukan di rumah penulis sendiri tak disangka memakan waktu kurang lebih selama 1 jam dari pukul 15.00 – 16.00 WITA disebabkan bingungnya penulis memilih artikel dan video yang tepat. Setelah sudah memastikan artikel dan video yang dipilih komunikatif agar nantinya dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat sasaran, penulis sudah siap untuk kegiatan KKNbD berikutnya.
Pada hari Jumat, 16 Juli 2021 pukul 13.00 – 19.00 WITA kegiatan KKNbD berlangsung sangat lama. Pada awalnya penulis memberikan materi melalui grup WhatsApp. Hal ini dilakukan agar memudahkan keberlangsungan diskusi dan mengurangi mobilitas. Respon yang didapat cukup baik dan diselingi candaan dari masyarakat sasaran. Penulis tak lupa menanyakan kabar masyarakat sasaran. Namun, tak disangka masyarakat justru meminta penulis langsung datang ke rumahnya dan melakukan diskusi bersama agar dapat memasak dan mendiskusikan ide menu baru (hal ini membuat kegiatan KKNbD berlangsung lama pada hari tersebut). Lalu, sesampainya penulis di rumah masyarakat sasaran, hal pertama yang dilakukan adalah berdiskusi sosial media mana yang ingin digunakan untuk pemasaran produk dan didapatkan Instagram sebagai keputusan akhirnya. Penulis langsung dengan sigap mengajak masyarakat menyaksikan video YouTube bersama mengenai penggunaan Instagram untuk pemasaran produk sekaligus memberikan gambaran seperti apa akun berjualan dengan Instagram (seluruh link materi akan disertakan di akhir blog).
Selanjutnya, bersama dengan masyarakat sasaran, penulis mendiskusikan menu baru yakni keripik pare (atas dasar resep dari ibu penulis). Masyarakat sasaran merespon dengan baik dan mulai memasak varian keripik pare disertai keripik tempe dan rempeyek sambal mempersiapkan pesanan lontong sayur. Penulis meliput dan ikut membantu memasak dan mengemas keripik. Tak lupa juga meliput dan menanyakan usaha laundry rumahan (dokumentasi video kegiatan akan disertakan di akhir blog). Berikutnya, penulis mengajarkan kepada 2 orang masyarakat sasaran, Bu Nur sebagai salah satu perwakilan dari bisnis laundry rumahan dan Pak Sandy sebagai perwakilan dari bisnis catering rumahan untuk belajar bersama menggunakan aplikasi Instagram. Hal ini dilakukan dengan santai sambal mengistirahatkan badan akibat proses memasak yang lama. Setelah itu penulis pulang kembali ke rumah.
Link Materi KKN:
Artikel materi pentingnya penggunaan sosial media untuk pemasaran produk: https://redcomm.co.id/knowledges/6-cara-mengoptimalkan-media-sosial-bisnis-anda-bisa-membuat-pelanggan-semakin-mengenal-produk-anda
Video pemasaran menggunakan sosial media: https://youtu.be/WyKw1BwIOrM
Video penggunaan Instagram untuk memasarkan produk: https://youtu.be/_VXgxklmpK4
Link video kegiatan catering dan laundry pada masyarakat sasaran di minggu kedua: https://youtube.com/shorts/hGy9_25WmbY?feature=share