Pemberian materi tentang “Upaya Peningkatan Pendapatan di masa Pandemi Covid 19”
- Oleh Komang Suastari
- Thursday 29/07/2021
- Kelompok 170, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 21 Juli 2021, penulis memberikan materi pelatihan mengenai Upaya Peningkatan Pendapatan di masa Pandemi Covid 19.
Adapun 5 cara meningkatkan omset penjualan agar dapat menambah pendapatan di masa pandemi, antara lain:
1. Pastikan bisnis Anda relevan
Pandemi saat ini membawa dampak perubahan secara besar dalam kehidupan
sehari-hari. Apa yang dulunya merupakan strategi yang sempurna, mungkin tidak lagi relevan saat ini. Oleh karena itu, lakukan evaluasi ulang terhadap penawaran Anda agar memastikannya tetap sesuai dengan tren pasar saat ini di bisnis Anda masing- masing.
Walaupun hal ini mungkin lebih mudah untuk beberapa bisnis daripada yang lain, bukan berarti bahwa itu tidak mungkin. Industri ritel dan restoran adalah contoh bagus untuk menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Misalnya, banyak produsen pakaian jadi beralih ke desain dan penjualan masker. Restoran yang dulunya hanya makan di dalam telah mengubah bisnis mereka menjadi menawarkan layanan antar- jemput.
2. Naikkan harga
Saat menjual suatu barang, sering kali kita akan merasa khawatir ketika ingin
menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dari pesaing. Berpikir bahwa tidak ada orang yang akan mau membeli produk tersebut. Padahal teknik ini sebetulnya bisa bermanfaat untuk menambah pendapatan dan membuat Anda tetap mendapatkan keuntungan ketika kondisi penjualan sedang kurang baik.
Jika Anda yakin bahwa produk yang dijual memang berkualitas, maka harganya tentu saja akan berbanding lurus. Produk harus memiliki suatu ciri yang membedakannya dengan barang milik kompetitor, juga berikan value yang lebih untuk pelanggan Anda. Sehingga walaupun dengan harga lebih tinggi, pelanggan akan tetap merasa bahwa produk Anda setimpal untuk dibeli.
3. Gunakan media sosial
Media sosial telah menjadi platform paling berpengaruh dan penting yang
tidak hanya digunakan untuk membangun jaringan sosial tetapi juga merupakan
langkah yang tepat untuk mengiklankan merek dan produk Anda secara digital. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengiklankan produk untuk menjangkau calon pelanggan yang ditargetkan, namun belum menemukan toko Anda di media sosial.
Cari tahu mengenai media atau platform yang sedang ramai digunakan saat ini. Mulai dengan menggunakan platform tersebut dan kemudian membangun audiens pada platform yang lain ketika waktunya dirasa telah tepat. Sukses di media sosial tidak terlalu bergantung pada seberapa banyak Anda berbicara tentang bisnis Anda dan lebih pada seberapa banyak pelanggan berbicara tentang Anda.
4. Foto produk yang bagus
Pada proses berjualan online, calon pelanggan tidak dapat melihat dan menyentuh produk secara langsung. Sebab itu, pihak penjual harus memberikan foto produk dengan jelas, sehingga seolah-olah mereka melihat produk secara langsung.
5. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Untuk menjaga eksistensi bisnis di masa pandemi virus corona saat ini, penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Ketika interaksi secara langsung menurun signifikan karena adanya aturan social distancing, maka yang diperlukan ialah adanya interaksi secara digital. Sebab, bagaimanapun jaringan atau networking merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis sehingga hubungan tersebut harus tetap dijaga dan dipertahankan. Hal ini juga penting untuk membuat brand kita tetap diingat. Berikut ini lima hal yang dapat dilakukan untuk dapat tetap meningkatkan hubungan baik termasuk dengan prospek, pelanggan, maupun karyawan.