Pemberian Materi Terkait Aplikasi Kahoot Secara Umum (Pengertian, Manfaat dan Kekurangan serta Kelebihan) dan Panduan Membuat Quiz Online pada Aplikasi Kahoot Melalui Whatsapp Group dan Google Meet

Perkenalkan, saya Made Irma Meliana Dewi dari Program Studi S1 Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

        Jumat, 16 Juli 2021 telah dilaksanakan KKN online pada pertemuan ketiga, minggu ke-2 yang diisi dengan pemberian materi mengenai aplikasi kahoot secara umum yang mencakup tentang pengertian kahoot, manfaat dari penggunaan kahoot serta kekurangan dan kelebihan dari penggunaan aplikasi tersebut. Pertemuan kali ini berlangsung melalui whatsapp group serta google meet bersama dengan rekan-rekan guru Sekolah Dasar Negeri 1 Padangsambian yang merupakan masyarakat sasaran dalam pelaksanaan KKN online ini. Melalui whatsapp group,  saya mengirimkan dua materi dalam bentuk PDF yaitu "Pengertian dan Manfaat Aplikasi Kahoot" dan "Panduan Membuat Quiz Online pada Aplikasi Kahoot" yang nantinya kedua materi tersebut dapat disimpan dan dicermati dengan baik oleh rekan-rekan guru. Kemudian beberapa menit setelah mengirimkan materi, saya dan juga rekan - rekan guru bertemu melalui google meet dengan tujuan untuk menjelaskan secara rinci mengenai kedua materi yang sudah saya bagikan melalui whatsapp group. Tujuan saya mengirimkan kedua materi mengenai kahoot tersebut agar sebelum melakukan pelatihan pada minggu berikutnya, rekan - rekan guru dapat mengetahui tentang aplikasi kahoot seperti manfaat dan juga kekuranagn serta kelebihannya. Dan juga dengan adanya materi panduan yang telah saya kirim sebelumnya dapat memudahkan rekan - rekan guru dalam melakukan pelatihan , karena di dalam panduan tersebut sudah ada tata cara lengkap dalam menggunakan kahoot dan cara membuat quiz online dengan aplikasi tersebut. 

        Selama pertemuan melalui google meet , ada beberapa pertanyaan dari rekan  - rekan guru mengenai keraguan mereka jika nantinya para peserta didik tidak paham dengan aplikasi kahoot saat melakukan quiz secara online. Dengan cepat saya memberikan tanggapan dari keraguan mereka dengan memberikan jawaban bahwa nantinya  panduan yang telah saya kirimkan kepada mereka bisa di bagikan kepada peserta didik, jadi sebelum menggunakan aplikasi ini, peserta didik juga bisa membaca terlebih dahulu panduan secara detail. Hanya itu saja keraguan dari beberapa rekan-rekan guru tentang penggunaan aplikasi ini, selain hal itu semua sudah dianggap jelas dari pemberian materi tentang kahoot hingga panduan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Berbicara mengenai antusias, saya sebagai mahasiswi dengan program kerja yang telah saya susun ini merasa senang karena mereka mau meluangkan waktu pada setaip pertemuan dan selalu memberikan tanggapan yang positif selama saya melakukan presentasi melalui google meet maupun whatsapp group


Sekian dan Terima Kasih.




Tentang Penulis