Pemberian Projek : Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka pada Siswa Kelas VI SD

Hari Kamis, 30 Juli 2020, penulis dan siswa melakukan diskusi online melalui aplikasi Google Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona. Penulis mengajak siswa untuk melaksanakan projek “Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka”. Penulis memulai kegiatan dengan berdoa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak empat (4) orang siswa. Satu orang siswa harus menjaga adiknya yang sakit dikarenakan orang tuanya masih bekerja, sedangkan tiga orang siswa lainnya mengalami kendala susah sinyal untuk mengikuti pembelajaran online. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengirimkan materi melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami, kemudian siswa ditugaskan untuk menjawab lima buah soal yang diberikan dan mengirimkan jawabannya melalui WhatsApp jalur pribadi.

Siswa yang telah hadir di Google Meet diajak untuk menjawab pre test yang telah dikirim melalui WhatsApp Group. Berdasarkan hasil pre test, terlihat bahwa rentang nilai yang diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 40 s.d. 80 poin, dengan rata – rata nilai 67,14 dari 100 poin, dan median 70 dari 100 poin. Satu orang siswa tidak menjawab pre test yang telah diberikan.

(link pre test sebagai berikut :

https://docs.google.com/forms/d/1sPLB3w8pAdyW3DISczbaKI7NjuSbSlVayHojGL9DbA4/edit?usp=sharing )

Kegiatan berikutnya, penulis mengajak siswa yang hadir di Google Meet berdiskusi mengenai materi Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka. Setelah berdiskusi, penulis menugaskan siswa untuk menjawab soal yang diberikan kemudian kembali mendiskusikannya. Berikutnya siswa saling mencocokkan jawabannya, terlihat bahwa siswa mampu menjawab lima buah soal pembacaan angka dengan benar. Berikutnya, penulis memberikan post test pada siswa. Hasil post test yang diperoleh yaitu dengan rentang nilai 90 s.d 100 poin, dengan rata – rata nilai 95,71 dari 100 poin, dan median 100 dari 100 poin. Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam memahami materi Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka yang telah diberikan.

Link post test:

https://docs.google.com/forms/d/1WQzH7jGglB0EWOrbFXT9_RpkumMO2WIesHCeACBXNcw/edit?usp=sharing

Materi Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka dapat dilihat di :

https://drive.google.com/file/d/1xqne5NAgpgNUL3yuPzrR-S0xq6aW5_wo/view?usp=sharing

(Video Kegiatan dapat dilihat di YouTube dengan link berikut ini :

: https://youtu.be/DHpelf7r87Q  )

 

Setelah membahas materi di atas, penulis mengajak siswa untuk mengingat kembali projek yang telah dilaksanakan dan materi yang telah didiskusikan selama bulan Juli ini. Siswa mengingat pada awal pembelajaran online telah melaksanakan projek menanam jagung, kemudian mengamati bagian-bagian bunga serta mempelajari perkembangbiakan secara generatif dan vegetatif pada tumbuhan. Selanjutnya pelaporan tanaman jagung siswa selama satu minggu. Kegiatan berikutnya mempelajari materi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), menulis dan membaca puisi, menguji kandungan karbohidrat dan lemak pada makanan, menyebutkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila Pancasila, serta yang terakhir pembacaan angka dan tanda pisah angka.

Penulis meminta siswa yang hadir di Google Meet untuk langsung memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti pembelajaran online yang telah diberikan. Siswa merasa senang karena dapat mengikuti pembelajaran online dan dapat bertemu dengan teman-temannya walaupun hanya melalui aplikasi Google Meet, serta siswa menyampaikan rasa terimakasihnya karena dapat saling berbagi ilmu antara satu sama lain. Kegiatan penutup yaitu diakhiri dengan doa serta penulis mengucapkan terimakasih pada siswa yang telah hadir di Google Meet.

Tentang Penulis