Pemberian Projek : Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka pada Siswa Kelas VI SD
- Oleh Anak Agung Ayu Laksmi Dewi
- Saturday 01/08/2020
- Kelompok 319, Kelompok, Kelompok
Hari
Kamis, 30 Juli 2020, penulis dan siswa melakukan diskusi online melalui aplikasi Google
Meet dengan link sebagai berikut: https://meet.google.com/zsq-xgir-ona. Penulis mengajak
siswa untuk melaksanakan projek “Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka”. Penulis
memulai kegiatan dengan berdoa. Siswa yang dapat menghadiri pertemuan melalui Google Meet sebanyak empat (4) orang
siswa. Satu orang siswa harus menjaga adiknya yang sakit dikarenakan orang
tuanya masih bekerja, sedangkan tiga orang siswa lainnya mengalami kendala
susah sinyal untuk mengikuti pembelajaran online.
Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengirimkan materi melalui WhatsApp Group untuk dibaca dan dipahami, kemudian siswa ditugaskan untuk menjawab lima buah soal yang diberikan dan mengirimkan jawabannya melalui WhatsApp jalur pribadi.
Siswa yang
telah hadir di Google Meet diajak untuk
menjawab pre test yang telah dikirim
melalui WhatsApp Group. Berdasarkan
hasil pre test, terlihat bahwa
rentang nilai yang diperoleh dari 7 responden (siswa) adalah 40 s.d. 80 poin,
dengan rata – rata nilai 67,14 dari 100 poin, dan median 70 dari 100 poin. Satu
orang siswa tidak menjawab pre test yang
telah diberikan.
(link pre test sebagai berikut :
https://docs.google.com/forms/d/1sPLB3w8pAdyW3DISczbaKI7NjuSbSlVayHojGL9DbA4/edit?usp=sharing )
Kegiatan berikutnya,
penulis mengajak siswa yang hadir di Google
Meet berdiskusi mengenai materi Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka. Setelah
berdiskusi, penulis menugaskan siswa untuk menjawab soal yang diberikan
kemudian kembali mendiskusikannya. Berikutnya siswa saling mencocokkan
jawabannya, terlihat bahwa siswa mampu menjawab lima buah soal pembacaan angka
dengan benar. Berikutnya, penulis memberikan post test pada siswa. Hasil
post test yang diperoleh yaitu dengan rentang nilai 90 s.d 100 poin, dengan
rata – rata nilai 95,71 dari 100 poin, dan median 100 dari 100 poin.
Berdasarkan hasil pre test dan post test terlihat bahwa pengetahuan
siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam memahami materi Pembacaan
Angka dan Tanda Pisah Angka yang telah diberikan.
Link post test:
https://docs.google.com/forms/d/1WQzH7jGglB0EWOrbFXT9_RpkumMO2WIesHCeACBXNcw/edit?usp=sharing
Materi Pembacaan Angka dan Tanda Pisah Angka dapat
dilihat di :
https://drive.google.com/file/d/1xqne5NAgpgNUL3yuPzrR-S0xq6aW5_wo/view?usp=sharing
(Video Kegiatan dapat dilihat di YouTube dengan link berikut
ini :
: https://youtu.be/DHpelf7r87Q
)
Setelah membahas materi di atas, penulis
mengajak siswa untuk mengingat kembali projek yang telah dilaksanakan dan
materi yang telah didiskusikan selama bulan Juli ini. Siswa mengingat pada awal
pembelajaran online telah
melaksanakan projek menanam jagung, kemudian mengamati bagian-bagian bunga
serta mempelajari perkembangbiakan secara generatif dan vegetatif pada
tumbuhan. Selanjutnya pelaporan tanaman jagung siswa selama satu minggu. Kegiatan
berikutnya mempelajari materi Association
of Southeast Asian Nations (ASEAN), menulis dan membaca puisi, menguji kandungan
karbohidrat dan lemak pada makanan, menyebutkan nilai-nilai luhur yang
terkandung dalam sila Pancasila, serta yang terakhir pembacaan angka dan tanda
pisah angka.
Penulis meminta siswa yang hadir di Google Meet untuk langsung memberikan kesan
dan pesannya selama mengikuti pembelajaran online
yang telah diberikan. Siswa merasa senang karena dapat mengikuti
pembelajaran online dan dapat bertemu
dengan teman-temannya walaupun hanya melalui aplikasi Google Meet, serta siswa menyampaikan rasa terimakasihnya karena
dapat saling berbagi ilmu antara satu sama lain. Kegiatan penutup yaitu
diakhiri dengan doa serta penulis mengucapkan terimakasih pada siswa yang telah
hadir di Google Meet.