Pemberian Sosialisasi Digital Marketing Bagi Masyarakat Sasaran KKNbD di Kabupaten Tabanan dan Buleleng.
- Oleh Ni Luh Gede Yastini
- Friday 16/07/2021
- Kelompok 69, Kelompok, Kelompok
Kamis, 15 Juli 2021 pada pukul 15:08 sampai dengan 18:09 WITA telah dilaksanakan pembagian video sosialisasi dan diskusi mengenai Digital Marketing oleh penulis selaku mahasiswa peserta KKNbD Undiksha kepada masyarakat sasaran yang berada di daerah Tabanan dan Buleleng melalui media WhatsApp Group.
Adapun materi yang dijelaskan dalam video tersebut yaitu mengenai pentingnya penggunaan media digital sebagai media promosi di kondisi saat ini. Selain itu, juga dijelaskan media apa saja yang bisa digunakan dalam melakukan promosi, salah satunya adalah media sosial. 4/5 masyarakat sasaran telah memiliki media sosial pribadi, seperti Facebook. Dalam diskusi yang dilaksanakan, berdasarkan ukmindonesia.id, penulis menyarankan kepada pemilik usaha untuk memisahkan antara media sosial pribadi dan juga media sosial untuk komersil, dimana hal ini guna menciptakan media sosial yang professional.
1. Terkait dengan media sosial apa saja yang bagus digunakan
dalam melakukan promosi. Yang mana, media sosial yang dapat digunakan adalah
menyesuaikan dengan target pasar dan media yang berkenan digunakan oleh pemilik
usaha, baik itu menggunakan Facebook, Instagram, maupun WhatsApp.
2. Terkait dengan pembuatan konten yang bagus dan menarik.
Dalam hal ini, pembuatan konten yang bagus dan menarik utamanya diawali dengan
bagaimana mencari pencahayaan yang bagus, editing, maupun posisi dari objek
produk yang akan dipromosikan. Dengan hal dasar ini, tentunya juga dapat
menjadi suatu konten yang menarik bagi calon konsumen.
3. Penggunan media sosial pribadi. Seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya, dalam hal ini penulis menyarankan masyarakat sasaran
menggunakan media sosial khusus dalam proses pemasaran produknya. Meskipun
dinilai berat dalam memulai dari awal, namun hal ini tidak semata-mata hanya
untuk jangka waktu pelaksanaan KKNbD, melainkan agar kedepanya masih tetap
dapat digunakan untuk pengembangan usaha dari masyarakat sasaran.
4. Copy Writing,
menjadi salah satu elemen pendukung dalam proses promosi. Dalam hal ini penulis
memberikan saran dasar kepada masyarakat sasaran dalam melakukan copy
writing terhadap promosinya, yaitu dengan memperhatikan antara barang yang
dipromosikan dengan kata-kata atau caption yang diunggah.
Keberlanjutan dari pemberian materi ini adalah dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran, baik itu dalam pembuatan media sosial, pembuatan konten, serta copy writing.
Sekian
dan Terima Kasih.
.