Pemberian Sosialisasi Digital Marketing Bagi Masyarakat Sasaran KKNbD di Kabupaten Tabanan dan Buleleng.

Kamis, 15 Juli 2021 pada pukul 15:08 sampai dengan 18:09 WITA telah dilaksanakan pembagian video sosialisasi dan diskusi mengenai Digital Marketing oleh penulis selaku mahasiswa peserta KKNbD Undiksha kepada masyarakat sasaran yang berada di daerah Tabanan dan Buleleng melalui media WhatsApp Group.

Adapun materi yang dijelaskan dalam video tersebut yaitu mengenai pentingnya penggunaan media digital sebagai media promosi di kondisi saat ini. Selain itu, juga dijelaskan media apa saja yang bisa digunakan dalam melakukan promosi, salah satunya adalah media sosial. 4/5 masyarakat sasaran telah memiliki media sosial pribadi, seperti Facebook. Dalam diskusi yang dilaksanakan, berdasarkan ukmindonesia.id, penulis menyarankan kepada pemilik usaha untuk memisahkan antara media sosial pribadi dan juga media sosial untuk komersil, dimana hal ini guna menciptakan media sosial yang professional.

 Dalam kegiatan pemberian video sosialisasi dan diskusi ini antusias masyarakat sasaran dapat dikatakan cukup tinggi, meskipun tidak secara keseluruhan masyarakat ikut berpartisipasi. Adapun beberapa hal yang dapat dirangkum dalam diskusi yang telah dilaksanakan yaitu.

1.  Terkait dengan media sosial apa saja yang bagus digunakan dalam melakukan promosi. Yang mana, media sosial yang dapat digunakan adalah menyesuaikan dengan target pasar dan media yang berkenan digunakan oleh pemilik usaha, baik itu menggunakan Facebook, Instagram, maupun WhatsApp.

2.  Terkait dengan pembuatan konten yang bagus dan menarik. Dalam hal ini, pembuatan konten yang bagus dan menarik utamanya diawali dengan bagaimana mencari pencahayaan yang bagus, editing, maupun posisi dari objek produk yang akan dipromosikan. Dengan hal dasar ini, tentunya juga dapat menjadi suatu konten yang menarik bagi calon konsumen.

3.  Penggunan media sosial pribadi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam hal ini penulis menyarankan masyarakat sasaran menggunakan media sosial khusus dalam proses pemasaran produknya. Meskipun dinilai berat dalam memulai dari awal, namun hal ini tidak semata-mata hanya untuk jangka waktu pelaksanaan KKNbD, melainkan agar kedepanya masih tetap dapat digunakan untuk pengembangan usaha dari masyarakat sasaran.

4.  Copy Writing, menjadi salah satu elemen pendukung dalam proses promosi. Dalam hal ini penulis memberikan saran dasar kepada masyarakat sasaran dalam melakukan copy writing terhadap promosinya, yaitu dengan memperhatikan antara barang yang dipromosikan dengan kata-kata atau caption yang diunggah.

Keberlanjutan dari pemberian materi ini adalah dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat sasaran, baik itu dalam pembuatan media sosial, pembuatan konten, serta copy writing

Sekian dan Terima Kasih.



Tentang Penulis