Pembuatan dan Penyampaian Surat Tugas kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh I Wayan Budhi Astawa
- Sunday 18/07/2021
- Kelompok 262, Kelompok, Kelompok
Pada blog ini, penulis
menyampaikan kegiatan yang dilakukan penuli pada minggu pertama saat
pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) yang
dilaksanakan di Desa Banyuning dengan Judul Proposal: Penggunaan Aplikasi
Belajar Interaktif Berbasis Daring untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran
dari Rumah bagi Tenaga Pendidik Tingkat Sekolah Dasar di Desa Banyuning
Pelaksanaan
kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) di Desa Banyuning ini telah
dimulai sejak hari senin, tanggal 05 Juli 2021. Kegiatan ini dimulai dengan
melaksanakan permohonan ijin kepada Pemerintah Desa setempat atau lebih
tepatnya dengan Lurah yang ada di Desa Banyuning Timur pada pagi hari bersama
beberapa rekan KKNbD yang memilih Desa Banyuning sebaagai tempat pelaksanaan
kegiatan. Hal pertama yang kami lakukan adalah, penyerahan surat tugas
pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) yang diperoleh dari
pihak LPPPM Undiksha kepada Pemerintah Desa tempat pelaksanaan kegiatan,
kemudian kami melaksanakan beberapa diskusi bersama Lurah terkait keadaan
pendidikan yang terlaksana di Desa Banyuning pada masa pandemi ini, yang mana
pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring atau jarak
jauh dengan memanfaatkan beberapa teknologi yang telah tersedia.
Kami mendapat respon yang baik dari
Lurah mengenai apa saja kendala dan hal positif yang didapat dari adanya
pembelajaran daring yang dilaksanakan untuk meminimalisir korban yang terdampak
penyakit menular COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona. Lalu setelah
mendapat ijin dari Lurah mengenai pelaksanaan kegiatan KKNbD ini, kami
melanjutkan perjalanan menuju Langkah selanjutnya yaitu mencari masyarakat
sasaran yang dapat dan ingin memeroleh suatu perkembangan dan secara tidak
langsung ikut meningkatkan mutu pendidikan yang ada di daerah tersebut. Oleh
karena kami memiliki beberapa teman yang berlokasi tempat tinggal di Desa
Banyuning, kami mendapat akses lebih mudah untuk dapat menjelajah di Desa
Banyuning tanpa takut tersesat. Perjalanan kami terhenti di sebuah sekolah
dasar yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kota, sekolah ini terdapat di
dekat jalan raya tetapi tidak langsung mengarah keluar jalan, karena sebelum
memasuki sekolah, kami harus memasuki sebuah gang terlebih dahulu untuk dapat
mencapai gerbang sekolah SDN 4 Banyuning. Setelah sampai disana, kami langsung
bertindak untuk memulai kegiatan observasi terlebih dahulu dengan tujuan
mendapatkan informasi selengkap mungking tentang keadaan, kegiatan, dan proses
pembelajaran di SDN 4 Banyuning dan pada akhirnya tujuan kami terlaksana, yaitu mendapatkan ijin dari Kepala Sekolah SDN 4 Banyuning untuk melaksanakan kegiatan KKNbD di sekolah tersebut.