Pendampingan Digital Marketing Melalui Media Sosial pada Remaja Perintis Usaha di Desa Selat, Kecamatan Sukasada secara Door to Door

Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat sasaran terhadap materi yang telah diberikan dan dijelaskan yakni Digital Marketing dan juga dalam rangka melakukan pendekatan serta melibatkan langsung masyarkat sasaran dengan proyek KKNT yang telah saya rancang, saya melakukan pertemuan secara langsung (luring) terhadap masyrakat sasaran. Pertemuan dilakukan secara Door to Door atau dengan kata lain saya mengunjungi masyarakat perorang dengan tujuan masyarakat sasaran dapat lebih terbuka untuk berdiskusi. Di lain sisi, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko penularan COVID-19 yang kian meningkat. Pertemuan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pertemuan berlangsung kurang lebih selama 2 jam yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juli 2021. Pertemuan ini menitikberatkan pada kendala yang dialami masyarakat sasaran dalam penerapan Digitial Marketing pada usaha yang mereka rintis.

Semua pertemuan berlangsung dengan lancar. Setiap masyarakat sasaran memiliki antusias yang tinggi untuk berdiskusi. Tidak hanya mendiskusikan kendala yang mereka hadapi, masyarakat sasaran juga banyak yang bertanya mengenai tips meningkatkan penjualan mereka secara digital seperti tips untuk melakukan editing foto di smartphone, membuat flyer produk, dan lain sebagainya. Sebagai contoh salah satu masyarakat sasaran atas nama Gede Adi Purnawan yang merupakan perintis usaha warung kopi menanyakan bagaimana cara membuat menu makanan dan minuman dengan menarik.

Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir atau penutup program KKNT yang saya rancang dan jalankan. Adapun kendala ringan yang saya hadapi tidak hanya pada pertemuan ini, tetapi juga pada kegiatan lain sebelumnya adalah susahnya menemukan waktu yang pas untuk melakukan kegiatan. Kendala ini terbilang wajar karena mengingat masyarakat sasaran memiliki kesibukan yakni sedang menjalankan usaha mereka. Meskipun demikian, melihat antusias mereka, besar harapan saya bahwa proyek KKNT ini dapat meyakinkan mereka untuk menjalankan Digital Marketing pada usahanya sehingga statistik penjualannya dapat meningkat.

Tentang Penulis