Pendampingan Posting Produk, Promosi Akun Bisnis Online, serta Pendampingan Cara Menerima Orderan dan Melayani Chat/Pesan dari Pelanggan
- Oleh Komang Dewi Widiani
- Tuesday 27/07/2021
- Kelompok 217, Kelompok, Kelompok
Pendampingan posting produk, promosi akun bisnis online, serta pendampingan
cara menerima orderan dan melayani chat/pesan dari pelanggan
dilakukan secara langsung dengan menemui masyarakat sasaran ke rumahnya
masing-masing. Pendampingan posting produk dilaksanakan pada Jumat, 23 Juli
2021. Posting produk dilakukan pada akun bisnis online yang telah dibuat
(facebook dan instagram). Sebelumnya foto produk dan caption sudah disipakan
terlebih dahulu, lalu siap diposting setelah diedit sedemikian rupa sehingga
terlihat menarik. Produk yang diposting terdiri gula aren batok dan gula aren
cair (juruh aren). Pempostingan dilakukan oleh masyarakat sendiri, sedangkan
mahasiswa hanya memberikan penjelasan terkait cara melakukan posting.
Berdasarkan petunjuk yang diberikan, masyarakat dapat melakukan posting produk
dengan baik. Dengan hal ini diharapkan selanjutnya masyarakat dapat memposting
produknya secara mandiri, serta konten-konten postingan juga dapat dibuat lebih
menarik lagi.
Selanjutnya, dilaksanakan pendampingan promosi akun bisnis online. Promosi
akun bisnis online dilakukan agar masyarakat luas mengetahui tempat belanja
online untuk memperoleh Gula Aren Silangjana. Kegiatan ini dilaksanakan pada
Sabtu, 24 Juli 2021. Setelah memuat konten atau postingan yang menarik pada
akun bisnis online, maka dapat dilakukan promosi ini. Promosi dilakukan
oleh masyarakat sendiri dengan mengirimkan informasi akun bisnis online kepada
orang-orang terdekat dan masyarakat yang dikenalnnya. Dengan demikian
diharapkan dapat memberikan informasi mengenai produk yang tersedia. Sehingga,
selanjutnya apabila masyarakat hendak membeli gula aren dapat melakukan
pemesanan secara online. Dengan demikian tentu masyarakat sangat mudah membeli
gula aren yang diminati.
Setelah akun bisnis online siap digunakan untuk melaksanakan jual beli gula
aren, tentunya akan muncul chat/pesan dari pelanggan. Biasanya
masyarakat akan melakukan pemesanan ataupun menanyakan kualifkasi produk yang
diminati melalui fitur chat yang tersedia pada akun bisnis
online. Dalam hal ini tentunya penjual/admin harus menggunakan bahasa yang
komunikatif dan bersahabat dalam menanggapi pelanggan. Hal ini berkaitan dengan
kualitas layanan, layanan yang baik akan mampu mempengaruhi masyarakat untuk
membeli produk yang diminati, begitu pula sebaliknya kualitas layanan yang
kurang baik akan menghilangkan minat pelanggan dalam membeli produk yang hendak
dicari. Berkaitan dengan hal ini, maka masyarakat diberikan pelatihan cara
menyusun kalimat yang menarik dan komunikatif dalam menanggapi chat/pesan
pelanggan. Pelatihan ini dilakukan pada Senin, 26 Juli 2021.