Pendekatan terhadap siswa kelas V Sekolah Dasar secara online mengenai program kerja yang akan dilaksanakan

Universitas Pendidikan Ganesha biasanya mengadakan Kuliah Kerja Nyata secara konvensional dari tahun ke tahun, namun pada tahun 2020 berbeda yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) diubah menjadi Kuliah Kerja Nyata Mandiri berbasis Daring (KMbD) dikarenakan situasi pandemi covid -19 guna mencegah penularan covid-19 agar tidak lebih luas maka di ganti dengan sistem daring. Pandemi covid-19 melumpuhkan sendi – sendi kehidupan, salah satunya yang berdampak langsung adalah dunia pendidikan. Mengantisipasi pandemi corona ini, proses belajar – mengajar akhirnya terpaksa dipindahkan kerumah. Berdasarkan hasil observasi sebelumnya, penulis mendata 5 orang siswa kelas V SD dan 1 orang guru SD di Banjar Binoh Kaja yang telah disetujui oleh orangtua murid dan bersedia untuk mengikuti pembelajaran online yang telah disusun oleh penulis. Proposal projek yang telah disusun oleh penulis dan disetujui oleh dosen pembimbing yaitu Ibu Gst. Ayu Ketut Rencana Sari Dewi, S.E., M.Si dengan judul “ Bimbingan Belajar  Berbasis Media Daring untuk Siswa SD pada Masa Pademi Covid-19 di Banjar Binoh Kaja “. Diharapkan dengan bimbingan belajar berbasis daring ini dapat membantu proses belajar – mengajar berjalan dengan efektif baik bagi siswa ataupun guru.

Hari, Senin 06 Juli 2020 penulis memulai program kerja KMbD ( Kuliah Kerja Nyata Mandiri berbasis Daring ) pada hari pertama, dengan melakukan pendekatan kepada siswa kelas V Sekolah Dasar di Banjar Binoh Kaja secara online yaitu pada WhatsApp grup yang telah dibuat sebelumnya pada tahap observasi.

Pendekatan yang dilakukan terhadap siswa kelas V Sekolah Dasar bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain agar nantinya mempermudah kami berkomunikasi dalam melaksanakan program kerja. Pendekatan diawali dengan memperkenalkan diri terlebih dahulu, sebelum membuat grup penulis sudah sempat memperkenalkan diri namun untuk mengingat kembali seperti pepatah mengatakan jika tak kenal maka tak sayang , namun selain memperkenalkan diri penulis memberikan penjelasan tentang tujuan pembuatan grup. Penulis menjelaskan sedikit tentang program kerja bimbingan belajar yang akan dilaksanakan dengan menggunakan media daring yaitu Google Meet. Selain penulis memperkenalkan diri, siswa kelas V Sekolah Dasar  juga diberitahaukan untuk memperkenalkan diri masing – masing , walaupun mereka satu sekolah tetapi dari kelas yang berbeda yang tujuannya supaya mereka bisa belajar bersama dengan baik dan saling akrab. Pada saat pengenalan mereka merespond dengan baik.

Diharapkan dengan pendekatan yang dilakukan sebelum melaksanakan bimbingan belajar nantinya, kami bisa mengenal satu sama lain dan bisa saling akrab guna menciptakan suasana yang baik dalam proses belajar mengajar pada saat bimbingan belajar.

 

Tentang Penulis