Pengecekan Hasil Evaluasi Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Zoom Meeting Secara Khusus (II)

Pada Senin, 26 Juli 2021, penulis melaksanakan pengecekan menyeluruh terhadap hasil evaluasi kegiatan sosialisasi penggunaan Zoom Meeting secara khusus (II). Untuk kegiatan sosialisasnya sudah diadakan pada Jumat, 23 Juli 2021. Kegiatan tersebut penulis adakan dalam rangka mengikuti kegiatan KKNbD Undiksha Tahun 2021. Evaluasi yang penulis buat terdiri dari 11 pertanyaan dengan beberapa jenis jawaban. Pertanyaan pertama memiliki jawaban berupa nama pengisi form, pertanyaan kedua hingga keenam jawabannnya berupa penilaian dengan memilih 1 sampai 5 (skala linier), dan pertanyaan ketujuh hingga terakhir jawabannya berupa isian. Lima orang guru SD Negeri 2 Melaya yang menjadi masyarakat sasaran telah mengisi evaluasi.

Adapun hasil evaluasi kegiatan sosialisasi penggunaan Zoom Meeting secara khusus (II) yang penulis dapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Seluruh masyarakat sasaran telah mencantumkan nama.
  2. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait relevansi sosialisasi.
  3. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan materi dan materi dapat dipahami.
  4. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kemenarikan materi.
  5. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan pemamaparan materi dan pemaparan materi dapat dipahami.
  6. Satu masyarakat sasaran memberikan penilaian baik dan empat masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan terkait kejelasan suara pemateri.
  7. Seluruh masyarakat sasaran memberikan penilaian sangat baik untuk pertanyaan apakah sosialisasi yang diberikan membantu.
  8. Dua orang masyarakat sasaran mengalami kendala ketika mempelajari penggunaan Zoom Meeting secara khusus (II). Kendala yang dialami yaitu belum memahami penggunaan fitur Breakout Rooms. Untuk tiga orang masyarakat lainnya tidak mengalami kendala.
  9. Dua orang masyarakat sasaran yang mengalami kendala belum menemukan solusi.
  10. Seluruh masyarakat sasaran mendapatkan hal positif dari sosialisasi ini. Adapun hal positif yang didapatkan adalah menambah pengetahuan terkait penggunaan Breakout Rooms, fitur Record, dan pengaturan participant yang ada pada host, serta menambah ilmu mengenai cara mengajar daring.
  11. Seluruh masyarakat sasaran memberikan saran untuk memperbaiki kegiatan sosialisasi ini. Saran-saran tersebut yaitu meningkatkan kembali kegatan, waktu diperpanjang, dan suara lebih diperjelas.

Dengan adanya evaluasi ini, penulis dapat mengetahui kekurangan yang ada pada kegiatan ini dan mengetahui kendala yang dialami masyarakat sasaran. Kekurangan tersebut akan penulis usahakan agar tidak terulang pada kegiatan selanjutnya, sehingga kegiatan selanjutnya menjadi lebih baik. Kemudian, untuk kendala yang dialami atau ditemui masyarakat sasaran dan belum ditemukan solusinya, penulis akan membantu dengan memberikan solusi melalui personal chat WhatsApp

Tentang Penulis