Pengenalan Diri dengan Masyarakat Sasaran dan Penyampaian Tujuan dari KKNbD
- Oleh Kd Astri Nirwitta Wijayanti
- Monday 12/07/2021
- Kelompok 216, Kelompok, Kelompok
Pada hari Senin, tanggal 5 Juli 2021, telah dilaksanakan kegiatan awal pada minggu pertama pelaksanaan KKNbD 2021.
Kegiatan yang dilaksanakan adalah melakukan pengenalan diri dengan masyarakat
sasaran yang dilaksanakan secara online yaitu via WhatsApp. Sebelumnya telah
dibentuk grup WhatsApp agar mudah melakukan komunikasi dengan mereka
(masyarakat sasaran) Masyarakat sasaran terdiri dari 5 orang ibu-ibu rumah
tangga yang memiliki usaha makanan. Makanan-makanan yang dijual mulai dari
cemilan hingga makanan berat atau lauk. Sebenarnya pengenalan telah dilaksanakan pada saat observasi awal. Namun, kembali dilakukan pengenalan yang
lebih spesifik secara formalitas pada grup WhatsApp. Setelah perkenalan, saya menyampaikan dan
menjelaskan tujuan dari pelaksanaan KKNbD ini. Tujuan ini disampaikan agar
masyarakat sasaran lebih mengerti dan tidak salah paham dengan maksud dari
pelaksanaan KKN ini. Setelah tujuan tersampaikan, saya memberitahu bagaimana
jalannya KKN untuk kedepannya agar masyarakat sasaran senantiasa mengikuti dan
tidak berat hati. Agar masyarakat sasaran tidak bertanya-tanya tentang apa saja
kegiatan yang akan dilakukan selama kurun waktu dari tanggal 5 Juli hingga 6
Agustus 2021 nanti, saya mengirimkan file susunan program kerja yang nantinya
dijadikan panduan untuk mereka. Kemudian, kami menyepakati media online
apa yang akan dipakai untuk berkomunikasi selama pelaksanaan KKN ini. Semua
ibu-ibu yang merupakan masyarakat sasaran menyetujui untuk menggunakan media
WhatsApp saja karena memang WA lah yang mudah dan sering digunakan oleh mereka.
Penyepakatan media online juga sangat penting karena pelaksanaan kegiatan KKN
ini akan dilangsungkan secara full online mengingat situasi pandemic yang saat
ini sudah kembali merebak. Terlebih lagi saat ini diadakan PPKM dan juga
penyekatan di beberapa wilayah. Hal ini sungguh sangat tidak memungkinkan untuk
menjumpai mereka (masyarakat sasaran) secara langsung. Selain itu, penyepakatan
media online juga berguna agar masyarakat sasaran mudah mengikuti kegiatan dan
tidak merasa terbebani.