Pengenalan Materi Teknik dan Strategi Pemasaran kepada Masyarakat Sasaran

Senin, 12 Juli 2021 merupakan hari pertama pada minggu kedua dari pelaksanaan KKNbD. Pada hari tersebut telah dilaksanakan program kerja tentang pengenalan Teknik dan Strategi Pemasaran. Kegiatan yang saya lakukan adalah mengirimkan materi berupa PPT. Selain itu, saya juga mengirimkan beberapa materi yang terkait dengan Teknik dan Strategi Pemasaran. Materi-materi tersebut berupa link Website dan juga YouTube. Kegiatan ini berlangsung secara online selama kurang lebih 3 jam pada grup WhatsApp yang telah dibuat. Selama kegiatan berlangsung, antusias ibu-ibu yang merupakan masyarakat sasaran cukup tinggi. Meskipun mereka sedang berjualan maupun mengerjakan pekerjaannya masing-masing, mereka masih menyempatkan diri untuk melihat materi yang telah dikirimkan. Selain itu, beberapa dari mereka juga aktif dalam bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan sangat beragam dan juga menarik. Jika dilihat pada bukti screenshoot yang ada, Bahasa yang kami gunakan bercampur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Bali. Hal ini dikarenakan agar pembicaraan nyambung dan tidak terlalu serius. Untuk mengakrabkan diri dengan mereka tidaklah sulit karena ibu-ibu tersebut sangat ramah dan memang salah satu dari mereka sangat aktif dalam merespon pembicaraan di grup.

Pada saat sesi tanya-jawab, hal yang tidak saya duga terjadi. Saya tidak pernah berekspetasi bahwa akan ada seorang Ibu yang melontarkan pendapatnya terkait materi tentang segmentasi pasar. Mungkin ia sudah berpengalaman dalam hal itu. Sebenarnya, hal seperti inilah yang saya harapkan agar pembicaraan lebih menarik dan berlanjut. Dengan adanya respon tersebut, diharapkan ibu-ibu yang lain juga dapat menambah ilmunya dan lebih terpancing untuk mengikuti pembicaraan. Namun, tidak disalahkan juga karena mungkin beberapa dari mereka belum berniat untuk mengulasnya lebih dalam. Selain itu, jam berdiskusi tersebut mungkin bersamaan dengan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan seperti melayani pembeli karena beberapa dari mereka membuka usaha warung sebagai tempat berjualannya. Meski demikian, saya sangat mengapresiasi kehadiran dan keikutsertaan mereka pada kegiatan pengenalan terhadap Teknik dan Strategi Pemasaran ini. Sebelum mengakhiri diskusi, saya mengalihkan pembicaraan dengan menanyakan kepada mereka apakah mereka sudah mengetahui bisnis online atau belum. Kemudian mereka semua ternyata belum terlalu tahu tentang bisnis online. Hal ini menjadi salah satu faktor pendukung dalam melakukan pengenalan selanjutnya yang akan membahas tentang Bisnis Online. Pengenalan tersebut akan dijadikan kegiatan kedua pada minggu kedua ini. Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari ketiga minggu kedua, yaitu pada tanggal 14 Juli 2021.

Berikut ini adalah link PPT tentang Teknik dan Strategi Pemasaran dan juga beberapa link Website dan YouTube yang terkait dengan materi:

1.      PPT:

https://drive.google.com/file/d/1pwPL1PArJsHNSXY2s-AeV4xzpxQxCh2c/view?usp=sharing

2.      Website:

-          https://www.kajianpustaka.com/2012/10/teknik-pemasaran.html?m=1

-          https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran/

-          https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-teknik-pemasaran-dan-jenisnya/

3.      YouTube: https://youtu.be/8ML-J_CvQG0

Tentang Penulis
Kd Astri Nirwitta Wijayanti