Pengenalan Materi Teknik dan Strategi Pemasaran kepada Masyarakat Sasaran
- Oleh Kd Astri Nirwitta Wijayanti
- Thursday 15/07/2021
- Kelompok 216, Kelompok, Kelompok
Senin, 12 Juli 2021
merupakan hari pertama pada minggu kedua dari pelaksanaan KKNbD. Pada hari
tersebut telah dilaksanakan program kerja tentang pengenalan Teknik dan Strategi Pemasaran. Kegiatan
yang saya lakukan adalah mengirimkan materi berupa PPT. Selain itu, saya juga
mengirimkan beberapa materi yang terkait dengan Teknik dan Strategi Pemasaran.
Materi-materi tersebut berupa link Website dan juga YouTube. Kegiatan ini
berlangsung secara online selama kurang lebih 3 jam pada grup WhatsApp yang
telah dibuat. Selama kegiatan berlangsung, antusias ibu-ibu yang merupakan
masyarakat sasaran cukup tinggi. Meskipun mereka sedang berjualan maupun
mengerjakan pekerjaannya masing-masing, mereka masih menyempatkan diri untuk
melihat materi yang telah dikirimkan. Selain itu, beberapa dari mereka juga
aktif dalam bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan sangat
beragam dan juga menarik. Jika dilihat pada bukti screenshoot yang ada, Bahasa
yang kami gunakan bercampur antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Bali. Hal ini
dikarenakan agar pembicaraan nyambung dan tidak terlalu serius. Untuk mengakrabkan
diri dengan mereka tidaklah sulit karena ibu-ibu tersebut sangat ramah dan
memang salah satu dari mereka sangat aktif dalam merespon pembicaraan di grup.
Pada
saat sesi tanya-jawab, hal yang tidak
saya duga terjadi. Saya tidak pernah berekspetasi bahwa akan ada seorang Ibu
yang melontarkan pendapatnya terkait materi tentang segmentasi pasar. Mungkin ia sudah berpengalaman dalam hal itu.
Sebenarnya, hal seperti inilah yang saya harapkan agar pembicaraan lebih
menarik dan berlanjut. Dengan adanya respon tersebut, diharapkan ibu-ibu yang
lain juga dapat menambah ilmunya dan lebih terpancing untuk mengikuti
pembicaraan. Namun, tidak disalahkan juga karena mungkin beberapa dari mereka
belum berniat untuk mengulasnya lebih dalam. Selain itu, jam berdiskusi
tersebut mungkin bersamaan dengan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan
seperti melayani pembeli karena beberapa dari mereka membuka usaha warung
sebagai tempat berjualannya. Meski demikian, saya sangat mengapresiasi
kehadiran dan keikutsertaan mereka pada kegiatan pengenalan terhadap Teknik dan Strategi Pemasaran ini.
Sebelum mengakhiri diskusi, saya mengalihkan pembicaraan dengan menanyakan
kepada mereka apakah mereka sudah mengetahui bisnis online atau belum. Kemudian
mereka semua ternyata belum terlalu tahu tentang bisnis online. Hal ini menjadi
salah satu faktor pendukung dalam melakukan pengenalan selanjutnya yang akan
membahas tentang Bisnis Online.
Pengenalan tersebut akan dijadikan kegiatan kedua pada minggu kedua ini.
Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari ketiga minggu kedua,
yaitu pada tanggal 14 Juli 2021.
Berikut
ini adalah link PPT tentang Teknik dan
Strategi Pemasaran dan juga beberapa link Website dan YouTube yang terkait
dengan materi:
1. PPT:
https://drive.google.com/file/d/1pwPL1PArJsHNSXY2s-AeV4xzpxQxCh2c/view?usp=sharing
2. Website:
-
https://www.kajianpustaka.com/2012/10/teknik-pemasaran.html?m=1
-
https://www.niagahoster.co.id/blog/strategi-pemasaran/
-
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-teknik-pemasaran-dan-jenisnya/
3. YouTube:
https://youtu.be/8ML-J_CvQG0