Penggunaan Aplikasi Quizizz Bersama Masyarakat Sasaran di Hari ke Empat
- Oleh Ni Made Pramilaga
- Thursday 15/07/2021
- Kelompok 245, Kelompok, Kelompok
Telah dilaksanakan penggunaan aplikasi quizizz tepatnya di minggu kedua dihari keempat, penggunaan aplikasi ini disesuaikan dengan aktivitas masyarakat sasaran dalam artian, penulis membuat materi ataupun quizizz di hari tersebut dan memastikan keseluruhan masyarakat sasaran atau siswa dapat mengamati dan mengerjakan soal yang terdapat pada aplikasi quizizz ini. Aplikasi quizizz ini tidak hanya semata-mata aplikasi pengerjaan soal berbentuk menarik dengan games namun, aplikasi ini dapat digunakan bagi pengajar ataupun pemateri dalam membagikan materinya dengan menarik, pada aplikasi quizizz ini juga disediakan media yang berbentuk seperti powepoint yang dimana pengajar atau pemateri diberikan pilihan berupa slide yang menginput link dari sebuah blog/website tanpa perlu mengcopy-paste kata yang terdapat pada blog/website tersebut, dan menariknya juga pada quizizz disediakan slide yang dapat mengcopy-paste link youtube sehingga pengajar atau pemateri jika ingin menayangkan video bersumber dari youtube tidak perlu repot untuk beralih ke laman youtube pada satu tampilan presentasi disediakan berbagai pilihan yang membuat tampilan presentasi menarik. Namun, ada kekurangannya dari aplikasi quizizz ini tidak kesemuanya fitur yang ada dapat digunakan secara gratis, namun ada pilihan jenis slide yang dapat digunakan jika pengguna menggunakan aplikasi basis quizizz berbayar. Walau demikian quizizz tetap bisa digunakan dengan menyesuaikan pilihan tampilan yang dapat digunakan secara gratis. Pada materi quizizz kali ini penulis memilih materi pembahasan berupa dampak negatif dari sistem pembelajaran online dan diberikan juga dengan versi dalam bahasa inggris sehingga, siswa dapat membaca sekaligus belajar membaca kalimat dalam bentuk bahasa inggris, dan pada materi kali ini penulis memberikan sebuah tugas kepada masyarakat sasaran atau siswa berupa memilih salah satu dampak negatif dari pembelajaran online yang memang mereka rasakan sendiri selama pembelajaran berbasis daring ini dan memberikan solusi yang juga mereka lakukan untuk mengatasi dampak negatif yang terasa pada diri mereka. Materi dari blog yang diambil dari laman resmi yaitu https://metro.tempo.co/read/1391861/dampak-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarak-jauh-selama-pandemi-covid-19