Penyuluhan Materi Edukasi Kedua Mengenai “Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online” serta Diskusi Kepada Masyarakat Sasaran di Desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng

 

Selasa, 20 Juli 2021

Telah terlaksana kesepakatan waktu pemberian materi edukasi kedua tentang Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online kepada masyarakat sasaran di Desa Kalibukbuk secara daring melalui whatsapp group. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 18.29 WITA- 18.37 WITA. Kesepakatan dimulai pada hari Rabu, 21 Juli 2021 pukul 19.00 WITA, seluruh masyarakat sasaran diantaranya Pak Komang Jana, Pak Putu Artawan, Bu Yani Safitri, Erma Aristika, Putu Agus, dan Kadek Dwi memberikan respon setuju terkait waktu pelaksanaan tersebut.

Rabu, 21 Juli 2021

Telah terlaksana  penyuluhan materi edukasi kedua tentang Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online dan diskusi kepada masyarakat sasaran di Desa Kalibukbuk secara daring melalui whatsapp group. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 19.00-20.41 WITA dan diikuti oleh seluruh masyarakat sasaran yang berjumlah enam orang diantaranya Putu Agus, Pak Putu Artawan, Pak Komang Jana, Kadek Dwi, Erma Aristika, dan Bu Yani Safitri

Penyuluhan materi edukasi yang kedua tentang Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online dibagikan melalui whatsapp group dalam bentuk video yang bisa diakses melalui youtobe. Konten tersebut berdurasi 2 menit 8 detik dan di dalamnya menjelaskan beberapa cara promosi online efektif yang dapat dilakukan masyarakat dalam memulai suatu bisnis, diantaranya:

1.      Dengan media sosial, alasannya adalah karena saat ini media sosial sudah menjadi gaya hidup bahkan bagian dari hidup masyarakat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk media promosi seperti spanduk, brosur, atau baliho Anda hanya memerlukan gambar digital dengan format JPG,GIF, atau PNG

2.      Dengan media search engine  atau mesin pencari seperti google SEO bisa kita posisikan sebagai orang yang serba tau segala macam informasi, ketika ada orang yang bertanya maka dengan cepat akan memberikan banyak rekomendasi yang terbagi dalam beberapa halaman yang disebut search engine result page

3.     Dengan media marketplace, alasannya adalah masyarakat sudah banyak yang teredukasi lewat marketplace karena gencarnya iklan di televisi, seperti bukalapak, shoppy, dan tokopedia

4.    Dengan media email, cara menggunakannya tinggal berlangganan di layanan email marketing seperti @kirim.email, membuat database email kemudian melakukan pengiriman secara masal ataupun terjadwal.

Selanjutnya dalam penyuluhan tersebut juga dijelaskan beberapa cara pelayanan konsumen secara online, diantaranya:

1.    Respon cepat, hal ini akan membuat konsumen akan merasa nyaman karena mereka merasa paling diperhatikan

2.         Menyapa konsumen dengan cara yang tepat mencari kata sapaan awal yang tepat.

3.       Membeikan solusi, dalam berkomunikasi dnegan konsumen, fokuslah memberikan solusi yang dibutuhkan oleh mereka, hal ini akan membuat kepercayaan konsumen semakin meningkat

4.         Memberikan informasi dengan cara sederhana

5.   Menutup interaksi dengan konsumen, ketika komunikasi sudah berkahir tutup komunikasi dengan melakukan interaksi seperti “ oke kak jika ada yang ditanyakan bisa menghubungi saya”

Setelah materi edukasi kedua diberikan, beberapa dari masyarakat sasaran melakukan diskusi  terkait topik tersebut. Salah satunya yaitu Bapak Putu Artawan yang berdiskusi tentang promosi bisnis ikan yang sedang dijalani, Bu Yani Safitri berdiskusi tentang promosi bisnis makanan dan penggunaan kata dalam bisnis makanan yang baru ia jalani, dan Erma Aristika berdiskusi tentang cara atau solusi menghadapi konsumen daring yang sering complain. Semua masyarakat sasaran memberikan respon yang positif dan diskusi yang dilakukan juga menghasilkan respon yang baik. Diskusi diakhiri pada pukul 20.41 WITA

Jumat, 23 Juli 2021, telah terlaksana implentasi dari pemberian edukasi mengenai promosi yang bisa dilakukan oleh Pak Putu Artawan pada pukul 20.30 WITA. Diskusi tersebut menghasilkan jika Beliau sedang mempromosikan ikan yang diperoleh, kemudian dibagikan melalui akun sosial media berupa facebook dan dari promosi tersebut ada beberapa pelanggan yang berminat untuk membeli ikan tersebut, selain itu beliau juga berdiskusi agar bisnis tersebut bisa dibantu untuk disebar luaskan dan alhasil satu respon dari masyarakat sasaran atas nama Putu Agus juga memutuskan untuk membeli ikan yang beliau jual. Diskusi tersebut berakhir pada pukul 21.01 WITA.

 Berikut link video edukasi kedua tentang Cara Promosi dan Pelayanan Konsumen Secara Online

https://youtobe.be/jLmiJU8DDnM

Tentang Penulis
Devy Arista Ciptamiari