Penyusunan dan Penyebarluasan Perangkat Evaluasi

Inti dari pelaksanaan program Pengenalan Modul Literasi dan Numerasi berbantuan Media Audio Visual ialah media yang dihasilkan untuk diperkenalkan penggunaannya kepada masyarakat sasaran. Tentu, untuk mencapai kesempurnaan media diperlukan tahap selanjutnya yaitu tahap pengembangan media. Tahap ini dapat dilakukan pada program diluar program ini, sehingga segala pandangan masyarakat sasaran terhadap media yang telah disebarkan perlu diwadahi. Salah satu langkah ialah menggali informasi dari masyarakat sasaran mengenai media yang telah mereka dapatkan melalui pengisian perangkat evaluasi secara daring (google form).

Evaluasi sebagai tolak ukur sebuah pencapaian untuk perbaikan yang lebih maju. Evaluasi dilakukan dengan penyebaran google form yang telah berisi segala penunjang dalam penyusunan laporan akhir dan kemajuan program nantinya. Platform google form ini dipilih, sebab telah disesuaikan dengan kemampuan perencana kegiatan dan kemudahan masyarakat sasaran. Melalui tautan (link) yang disebarkan kepada masyarakat sasaran melalui whatsapp group, memudahkan mereka tertuju pada cakupan hal yang hendak digali oleh pelaksana kegiatan tentang medianya secara langsung. Lembar evaluasi daring ini dipandang perlu ada pada pelaksanaan program, guna mengetahui tingkat keberhasilan serta kendala selama kegiatan berlangsung. Selain itu, evaluasi bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dalam program berjalan secara dua arah dan atau menerima masukkan dari luar perencana program ini sendiri.

Tampilan awal formulir dibuat semenarik mungkin dan tidak melenceng dari esensi program. Kemudian, diawali dengan identitas masyarakat sasaran secara lengkap seperti Nama dan Kelas yang diampu, serta beberapa pertanyaan dan arahan yang diajukan sebagai berikut.

Adakah kendala dalam mengakses media yang telak disebarkan?

Pelaksana kegiatan hendak menggali informasi akses yang dilakukan masyarakat sasaran, sehingga memunculkan tanggapan masyarakat sasaran terhadap peringkat yang akan diberikan pada pernyataan selanjutnya.

Memberi peringkat mengenai kemudahan mengakses media.

Terdapat rubrik peringkat, yaitu Sangat Sulit dengan poin 1, Sulit dengan poin 2, Lumayan Sulit dengan poin 3, Mudah dengan poin 4, dan Sangat Mudah dengan poin 5.

Memberi peringkat mengenai kelayakan media dalam menyampaikan materi modul literasi dan numerasi yang dituju.

Media yang baik ialah media yang menyampaikan layak atau tidaknya untuk dipergunakan. Terdapat rubrik peringkat, yaitu Sangat Tidak Layak dengan poin 1, Tidak Layak dengan poin 2, Rata-Rata dengan poin 3, Layak dengan poin 4, dan Sangat Layak dengan poin 5.

Memberi peringkat mengenai kejelasan media dalam menyampaikan materi modul literasi dan numerasi yang dituju.

Selain dipandang layak, media yang baik ialah media yang jelas dalam hal menyampaikan konten yang terkandung didalamnya. Terdapat rubrik peringkat, yaitu  Sangat Tidak Jelas dengan poin 1, Tidak Jelas dengan poin 2, Rata-Rata dengan poin 3, Jelas dengan poin 4, Sangat Jelas dengan poin 5.

Apakah Bapak/Ibu berminat membuat media audio visual sederhana dalam mengajarkan materi literasi dan numerasi? Jika berminat dengan perangkat apa?

Keberlanjutan program pengenalan ini ialah produksi media secara mandiri oleh masyarakat sasaran. Produksi tentu dilakukan dengan perangkat yang memadai yang dikuasai, sehingga pertanyaan ini dipandang perlu untuk diajukkan.

Meminta untuk mengisi bagian kritik dan saran mengenai program pengenalan media ini.

Kritik dan saran merupakan hal lumrah untuk diajukkan. Selain itu sebagai sarana pembangun keberlanjutan kegiatan program ini dan meningkatkan pelaksanaan program secara dua arah (menerima masukkan pembangun).


Berikut adalan link Lembar Evaluasi melalui google form yang disebarkan kepada masyarakat sasaran pada Kamis, 22 Juli 2021 di Whatsapp Group 

( https://forms.gle/JqoJRCEQ2MEDoQVQA )


Tentang Penulis