Penyusunan Kuesioner sebagai Alat Pengukur Keberhasilan Projek
- Oleh Nadia Salsabila
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 184, Kelompok, Kelompok
Kegiatan terakhir yang dilaksanakan oleh penulis adalah menyusun kuesioner untuk diberikan kepada masyarakat sasaran sebagai alat pengukur keberhasilan projek. Kuesioner dibuat menggunakan Google Form dan diberikan melalui pesan WhatsApp. Masyarakat sasaran diminta menjawab beberapa pertanyaan dan memberikan tanggapan serta masukan atas projek yang telah berjalan. Berikut adalah pertanyaan yang terdapat pada kuesioner :
1. Data diri masyarakat sasaran (nama, alamat, pekerjaan)
2. Apakah program ini sesuai dengan kebutuhan saudara?
3. Apakah informasi yang diberikan terkait pendaftaran akun GoBiz cukup jelas?
4. Apakah setelah mendapat informasi, saudara dapat mengimplementasikan pembuatan akun GoBiz?
5. Apakah program pelatihan ini menambah wawasan saudara tentang pemasaran digital?
6. Apakah saudara dapat dengan mudah mengikuti setiap tahapan program?
7. Apakah mahasiswa pelaksana responsif dalam menanggapi serta menjawab pertanyaan saudara?
8. Apakah saudara telah menggunakan aplikasi GoBiz setelah akun berhasil dibuat/
9. Aspek apa dari program ini yang paling bermanfaat atau penting bagi saudara?
10. Apa saran saudara untuk menyempurnakan program ini?
Setelah memberikan kuesioner tersebut kepada masyarakat sasaran, penulis mengetahui seberapa berhasil program ini berjalan. Selama program ini berjalan dengan 5 masyarakat sasaran, terdapat satu masyarakat sasaran yang tidak berhasil mengimplementasikan pembuatan akun GoBiz. Kendalanya adalah perangkat yang dimiliki oleh masyarakat sasaran tidak mendukung pembuatan akun. Penulis telah mencoba mencari solusi dengan menghubungi bagian bantuan GoBiz melalui email, namun permasalahan yang terjadi disebabkan oleh perangkat masyarakat yang tidak mendukung. Selebihnya, masyarakat sasaran dapat mengimplementasikan pembuatan akun GoBiz dan merasa dengan adanya program pelatihan ini berdampak kepada bertambahnya wawasan mereka tentang pemasaran digital dengan menggunakan aplikasi online.