Penyusunan Materi Ajar dan Media Pembelajaran

        Kegiatan yang terlaksana pada minggu kedua KKNbD yaitu penyusunan materi ajar untuk siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 1 Tembuku yang akan melaksanakan bimbingan belajar membaca dan juga berhitung. Dan dalam menyusun materi ajar juga membuat media pembelajaran guna mendukung pelaksanaan bimbingan belajar khususnya dalam belajar berhitung. Kata media pembelajaran berasal dari bahasa latin ”medius” yang secara harfiah berarti ”tengah”, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Menurut Oemar Hamalik media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Jadi media pembelajaran merupakan alat perantara yang digunakan dalam mendukung suatu pembelajaran, untuk memudahkan siswa memahami pembelajaran tersebut.

        Media yang dibuat dengan materi operasi hitung bilangan bulat dilengkapi ilustrasi buah-buahan yang sering dijumpai siswa dikehidupan sehari-hari. Karena siswa Sekolah Dasar masih berada pada tahap operasional konkret, yang artinya siswa akan mudah memahami suatu pembelajaran jika dikaitkan dengan masalah atau hal-hal di lingkungan sekitarnya.


Tentang Penulis