Perekapan Masukan dan Saran serta Hasil Evaluasi Media oleh Masyarakat Sasaran

Salah satu kegiatan yang terpenting dalam menjalankan program “Pengenalan Modul Literasi dan Numerasi berbantuan Media Audio Visual sebagai Upaya Tranformasi Pembelajaran Merdeka Belajar Sekolah Dasar di Desa Bungkulan” ialah merekap semua hasil yang telah diisi oleh masyarakat sasaran melalui google form. Perekapan dapat dilihat secara langsung dibagian responden form. Adapun hasil evaluasi mengenai program ini sebagai berikut.

Adakah kendala dalam mengakses media yang telah disebarkan?

Pada informasi ini, masyarakat sasaran 85,7% tidak mengalami kendala saat mengakses video dan 14,3% terkendala jaringan internet dan atau dapat dikatakan bahwa dari 7 orang masyarakat sasaran yang terlibat, hanya 1 orang yng mengalami kendala secara eksternal.

Memberi peringkat mengenai kemudahan mengakses media.

Terdapat rubrik peringkat, yaitu Sangat Sulit dengan poin 1, Sulit dengan poin 2, Lumayan Mudah dengan poin 3, Mudah dengan poin 4, dan Sangat Mudah dengan poin 5. 12 media yang disebarkan kepada masyarakat sasaran sesuai dengan jenjang kelas di sekolah dasar, sehingga penilaian sesuai media yang masing-masing kelasnya. Berdasarkan evaluasi, disebutkan bahwa poin 3 yaitu peringkat “lumayan mudah” dipilih oleh 2 orang. Poin 4 yaitu peringkat “mudah” dirasakan oleh 3 orang masyarakat sasaran. Terakhir, poin 5 dengan peringkat “sangat mudah” dinyatakan oleh 2 orang. Dengan demikian, media yang telah disebarkan dapat dikata mudah untuk diakses.

Media yang baik ialah media yang menyampaikan layak atau tidaknya untuk dipergunakan.

Terdapat rubrik peringkat, yaitu Sangat Tidak Layak dengan poin 1, Tidak Layak dengan poin 2, Rata-Rata dengan poin 3, Layak dengan poin 4, dan Sangat Layak dengan poin 5. Berdasarkan hasil evaluasi dinyatakan bahwa media yang diperkenalkan dalam program ini Layak untuk dipergunakan. Hal ini didukung dengan tanggapan masyarakat sasaran terhadap pemberian peringkat yaitu pada poin 4 (layak) sebanyak seluruh masyarakat sasaran.

Memberi peringkat mengenai kejelasan media dalam menyampaikan materi modul literasi dan numerasi yang dituju.

Selain dipandang layak, media yang baik ialah media yang jelas dalam hal menyampaikan konten yang terkandung didalamnya. Terdapat rubrik peringkat, yaitu Sangat Tidak Jelas dengan poin 1, Tidak Jelas dengan poin 2, Rata-Rata dengan poin 3, Jelas dengan poin 4, Sangat Jelas dengan poin 5. Berdasarkan hasil evaluasi dinyatakan bahwa media yang diperkenalkan dalam program ini Jelas dalam menyampaikan materi modul literasi dan numerasi yang dituju. Hal ini didukung dengan 85,7% (6 orang) memberi poin 4 dan 14,3% (1 orang) memberi poin 3.

Apakah Bapak/Ibu berminat membuat media audio visual sederhana dalam mengajarkan materi literasi dan numerasi? Jika berminat dengan perangkat apa?

Keberlanjutan program pengenalan ini ialah produksi media secara mandiri oleh masyarakat sasaran. Produksi tentu dilakukan dengan perangkat yang memadai yang dikuasai, sehingga pertanyaan ini dipandang perlu untuk diajukkan. Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh masyarakat sasaran menyatakan berminat membuat media audio visual sederhana dalam mengajarkan materi literasi dan numerasi. Selain itu penggunaan perangkat yang didukung ialan Laptop.

Meminta untuk mengisi bagian kritik dan saran mengenai program pengenalan media ini.

Kritik dan saran merupakan hal lumrah untuk diajukkan. Selain itu sebagai sarana pembangun keberlanjutan kegiatan program ini dan meningkatkan pelaksanaan program secara dua arah (menerima masukkan pembangun). Didapatkan berbagai masukkan dari masyarakat sasaran mengenai media dalam program pengenalan ini. Sebagian besar menyanggupi dan memberikan tanggapan positif. Sementara 1 orang masyarakat sasaran menyatakan sedikit sulit karena terkendala jaringan atau koneksi internet.



Tentang Penulis