Persiapan Pertama Sebelum Melaksanakan Pelatihan Media Pembelajaran

    Pada tanggal 5 Juli 2021 sampai 6 Juli dilaksanakan berbagai kegiatan yang menjadi persiapan pertama sebelum terlaksananya program yaitu Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran yang nantinya dapat diterapkan oleh guru sasaran dalam melakukan proses pembelajaran. Dengan melakukan persiapan ini, guru sasaran akan lebih maksimal dalam mengikuti pelatihan nantinya di hari minggu berikutnya. Kegiatan ini terselenggaran di grup WhatsApp yang sudah dibentuk, adapun kegiatan yaitu menyiapkan pre-test berupa google form dengan memperhatikan poin apa saja yang harus terjawab sebagai pemenuh kebutuhan persiapan pelatihan, setelah itu melakukan salam sapa dengan memperkenalkan diri antar guru sasran sehingga dapat meningkatkan kerukunan dan keakraban antar guru. Setelah itu, guru sasaran diminta untuk menjawab pre-test yang dibuat melalui google form dengan memberikan rentangan waktu. Kemudian, melakukan analisis terhadap hasil pre-test agar mengetahui apa kebutuhan dari guru sasaran, media apa saja yang sudah dikembangkan dan media yang seperti apa yang ingin dikembangkan, serta kendala dari guru sasaran selama mengembangkan media pembelajaran di masa pandemi ini.

    Berdasarkan hasil pre-test yang terlaksana, banyaknya guru ingin mengembangkan media pembelajaran audio visual hal ini dikarenakan pada situasi pandemi ini dimana siswa belajar secara online maka dalam penyampaian materi atau bahan ajar, siswa akan lebih paham dan terlihat lebih menarik jika media pembelajaran terdapat gambar dan suara untuk memperjelas apa yang disampaikan atau memperjelas isi dari materi. Kendala yang dialami guru sasaran yaitu menghadapi tingkat motivasi siswa yang kurang bisa dijangkau oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran. Sehingga guru mengharapkan dapat mempelajari media pembelajaran yang terdapat suara dan gambar (audio visual) dengan berbeda dari sebelumnya. Sehingga disini tepat dengan rancangan media pembelajaran yang saya siapkan yaitu dengan membuat media pembelajaran dengan menampilkan wajah guru yang sedang menerangkan materi, ditambah dengan latar gambar yang dijelaskan guru sehingga terlihat berbeda dengan video pembelajaran sebelumnya digunakan oleh guru sasaran.

    Dengan hal tersebut, bertujuan agar siswa mengenal siapa yang mengejar, siapa guru pendamping di mata pelajaran tersebut, siswa lebih fokus, siswa lebih paham, sehingga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Dengan demikian, dari hasil pre-test dapat menunjukan hasil analisis yang tepat dan sesuai dengan rancangan awal.  

    





Tentang Penulis