Pertemuan Ke-4 KMbD: Edukasi Penggunaan Media Belajar E-Learning (Kahoot) Saat Pandemi.
- Oleh Kadek Agus Prayoga
- Friday 17/07/2020
- Kelompok 92, Kelompok, Kelompok
Lokasi kegiatan : Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng,
Kabupaten Buleleng,Bali.
Rincian kegiatan : Pengenalan fitur dalam Kahoot, Bermain bersama dengan aplikasi Kahoot.
Pada tanggal 17 Juli 2020 telah dilakukan pertemuan keempat tentang edukasi penggunaan media E-Learning yaitu Kahoot, ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya tentang edukasi penggunaan aplikasi Quizizz. Untuk kegiatan pertemuan ke-4 ini saya lakukan dengan bertatap buka secara langsung dengan mitra karena kegiatan yang dilakukan berupa pemberian edukasi seperti pertemuan sebelumnya (pertemuan ke-3). Untuk rincian kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ke-4 tersebut adalah pertama mengumpulkan masyarakat sasaran di salahsatu rumah mitra yang telah di sepakati, selanjutnya setelah semua berkumpul kegiatannya adalah menjelaskan secara singkat tentang aplikasi terkait (Kahoot), setelah dirasa semuanya mengerti dilanjutkan dengan pengenalan fitur yang yang ada dalam aplikasi mulai dari cara memasukkan kode jika ingin bermain secara live kemudian cara menjawab soal.
Setelah
pemberian materi dirasa cukup, selanjutnya adalah bermain
dengan aplikasi terkait (Kahoot) dengan
masyarakat sasaran. Respon yang diberikan lumayan memuaskan tetapi mereka jauh lebih
menyukai aplikasi sebelumnya yaitu Quizizz.
alasannya karena cara menggunakannya lebih sederhana dan lebih seru. jika
menggunakan Quizizz lebih mudah untuk
menemukan soal yang bisa digunakan belajar secara umum dan bisa juga dilakukan
kapan saja, bahkan tanpa di dampingin
oleh pengajar. Sedangkan kahoot fiturnya
dirasa lumayan ribet dan kita tidak mudah
menemukan soal untuk dipelajari
seperti yang ada pada Quizizz.