Pertemuan Ke-4 KMbD: Edukasi Penggunaan Media Belajar E-Learning (Kahoot) Saat Pandemi.

Lokasi kegiatan  : Kelurahan Banjar Tegal, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng,Bali.

Rincian kegiatan : Pengenalan fitur dalam Kahoot, Bermain bersama dengan aplikasi Kahoot.

 

    Pada tanggal 17 Juli 2020 telah dilakukan pertemuan  keempat tentang edukasi penggunaan media E-Learning yaitu Kahoot, ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya tentang edukasi penggunaan aplikasi Quizizz.  Untuk kegiatan pertemuan ke-4 ini  saya lakukan dengan bertatap buka secara langsung dengan mitra  karena  kegiatan  yang dilakukan berupa pemberian edukasi seperti pertemuan sebelumnya (pertemuan ke-3). Untuk rincian kegiatan yang dilakukan pada pertemuan ke-4 tersebut adalah pertama mengumpulkan masyarakat sasaran di salahsatu  rumah  mitra yang telah di sepakati, selanjutnya setelah  semua berkumpul kegiatannya adalah menjelaskan secara singkat tentang aplikasi terkait (Kahoot), setelah dirasa semuanya mengerti dilanjutkan dengan pengenalan fitur yang yang ada dalam aplikasi mulai dari cara memasukkan kode jika ingin bermain secara live kemudian cara menjawab soal.

Setelah pemberian  materi  dirasa cukup, selanjutnya adalah bermain dengan aplikasi terkait (Kahoot) dengan masyarakat sasaran. Respon yang diberikan  lumayan memuaskan tetapi mereka jauh lebih menyukai aplikasi sebelumnya yaitu Quizizz. alasannya karena cara menggunakannya lebih sederhana dan lebih seru. jika menggunakan Quizizz lebih mudah untuk menemukan soal yang bisa digunakan belajar secara umum dan bisa juga dilakukan kapan saja, bahkan  tanpa di dampingin oleh pengajar. Sedangkan  kahoot fiturnya dirasa lumayan ribet dan kita tidak mudah  menemukan  soal untuk dipelajari seperti yang ada pada Quizizz.

Tentang Penulis