Pertemuan Ke-6 : Melakukan pelatihan dan pendampingan bagaimana cara menggunakan Google For Education khususnya Google Office kepada Peserta Didik SMP Negeri 3 Kubutambahan Melalui Pertemuan Tatap Muka atau Berhadapan Langsung dengan Peserta Didik.
- Oleh Ni Putu Melsi Oktaviani
- Saturday 24/07/2021
- Kelompok 213, Kelompok, Kelompok
Pertemuan ke-6 dilakukan secara offline atau tatap muka dengan 3 peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan melalui cara penulis datang secara langsung ke rumah peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan satu persatu. Hal ini dilakukan dalam rangka melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Daring (KKNbD) dengan judul program kerja "Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Google For Education Khususnya Google Office Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Kubutambahan pada Masa Pandemi Covid-19 (New Normal). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021 tepatnya pada pukul 11.00 sampai dengan 14.30. Pertemuan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan secara langsung kepada peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan terkait Google For Education Khususnya Google Office seperti, Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan yang berjumlah 5 orang. Pelatihan dan pendampingan secara langsung ini akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama pada tanggal 24 Juli 2021 akan diikuti oleh 3 peserta didik, dan tahap kedua pada tanggal 25 Juli 2021 akan diikuti oleh 2 peserta didik. Hal tersebut dilakukan agar tidak memicu kerumunan di masa PPKM. Pelatihan dan pendampingan pada tanggal 24 Juli 2021 dilakukan penulis dengan cara mendatangi rumah peserta didik satu persatu. Setiap peserta didik mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara langsung selama 1 jam. Sistematika pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini diawali dengan mendatangi rumah yessy, rumah risky, istirahat 10 menit, dan ditutup dengan mendatangi rumah magani. Dalam sistematika pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini, penulis pertama kali melakukan pelatihan terkait Google Docs, kemudian Google Sheets, dan terakhir Google Slide. Dimulai dari penulis mendatangi rumah peserta didik atas nama Ni Putu Yessy Melani Putri pada pukul 11.00 WITA, pelatihan dan pendampingan dengan peserta didik atas nama Ni Putu Yessy Melani Putri berlangsung selama 1 jam. Dimulai dari pukul 11.00 dan berakhir pada pukul 12.00 WITA. Kemudian, dilanjutkan dengan penulis mendatangi rumah peserta didik atas nama I Kadek Risky Aditya Putra. Pelatihan dan pendampingan dengan peserta didik atas nama I Kadek Risky Aditya Putra pun berlangsung selama 1 jam, dimulai pada pukul 12.10 sampai dengan 13.10. Kemudian, penulis beristirahat selama 10 menit di balai banjar Desa Tajun. Terakhir, pelatihan dan pendampingan secara offline ini, diakhiri oleh peserta didik atas nama Kadek Dhea Magani, pelatihan dan pendampingan dengan peserta didik atas nama Kadek Dhea Magani juga berlangsung selama 1 jam. Dimulai pada pukul 13.30 sampai dengan 14.30. Jarak rumah satu peserta didik dengan peserta didik lainnya tidak jauh, cukup menempuh waktu 2 menit saja sudah sampai dirumah peserta didik lainnya. Hal itu disebabkan karena peserta didik masih berada di banjar yang sama yaitu Banjar Pasek, Desa Tajun, sehingga penulis tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke rumah berikutnya.
Dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan secara offline berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, 3 peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan manyambut baik kedatangan penulis, serta 3 peserta didik SMP Negeri 3 Kubutambahan mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan dengan antusias dan semangat, terlihat dari keinginan peserta didik untuk terus menggali lebih dalam lagi terkait Google For Education khususnya Google Office seperti, Google Docs, Google Sheets, dan Google Slide. Pertama-tama, penulis melakukan pelatihan dan pendampingan terkait Google Docs, kemudian disusul dengan Google Sheets, dan terakhir terkait Google Slides. Dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini, peserta didik diminta untuk melakukan kolaborasi dengan teman sekelasnya secara daring terkait modul yang telah diberikan sebelumnya, agar penulis mengetahui apakah peserta didik benar -benar sudah memahami modul yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya. Selain itu, peserta didik juga diminta untuk mempraktekkan semua fitur yang ada pada modul yang telah diberikan. Diakhir pelaksanaan, peserta didik, diminta untuk mengimplementasikannya pada handphone masing-masing. Tidak terdapat kendala dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan secara offline tersebut.
Diakhir kegiatan pelatihan dan pendampingan secara offline ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada 3 peserta didik yang sudah mau membantu dalam melancarkan kegiatan program kerja KKNbD yang diusulkan oleh penulis.
Dokumentasi lengkap pada Pertemuan Ke-6 dapat diakses melalui tautan ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1LtOZA7bicu_A9STlVV9Uic83oYay55-B?usp=sharing