Post-Test Vocabulary dan Diskusi Mengenai Kegiatan Pembelajaran
- Oleh Putu Rosa Natalia
- Monday 20/07/2020
- Kelompok 248, Kelompok, Kelompok
Setelah 2 minggu melaksanakan pelatihan kosa kata (vocabulary) diakhiri dengan tes akhir atau post-test untuk mengetahui perkembangan kosa kata siswa. Selanjutnya, untuk 2 minggu ke depan akan lebih berfokus pada pelatihan pengucapan (pronunciation). Sebab pada pelatihan speaking ini berfokus pada 2 komponen penting dalam speaking skills (berbicara) yaitu kosa kata (vocabulary) dan (pronunciation), sehingga dibagi menjadi 2 fokus kegiatan.
Sebelum melaksanakan post-test, diadakan pertemuan pada Google Meet. Pertemuan ini diadakan untuk menjadi lebih dekat satu sama lain, serta berbagi keluh kesah selama pembelajaran yang telah dilaksanakan, sehingga dapat lebih baik untuk selanjutnya. Selain itu, juga dilakukan diskusi mengenai pembelajaran selanjutnya, yang berfokus pada pengucapan kata (pronunciation) dan membahas media aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran serta topik yang akan dipelajari. Setelah mengakhiri pertemuan pada Google Meet, siswa serentak menjawab post-test serentak pukul 18.00 WITA hingga 19.00 WITA.
Pada post-test kali ini, siswa menjawab 20 soal mengenai kosa kata yang telah mereka pelajari dan dibahas bersama. Dari hasil tes, skor terendah adalah 75 dan tertinggi 100. Masing-masing satu siswa mendapat skor 75, 85, dan 90. Dua siswa mendapat skor 95 dan empat siswa mendapat skor 100. Rata-rata skor siswa pada post-test kali ini 93.33. Skor tersebut meningkat dari skor pre-test yang dikerjakan sebelum kegiatan dilaksanakan. Yang mana, skor terendah 55 dan skor tertinggi adalah 85, dan rata-rata skor 70. Dengan peningkatan skor siswa, dapat disimpulkan kemampuan siswa sudah meningkat dari sebelum kegiatan dilaksanakan.
Bukti pelaksanaan pertemuan pada Google Meet dapat diakses pada link berikut: https://youtu.be/7xc8N2EcFiU