sosialisasi Mengenai Apa itu E- Commerce, Media Sosial dan Strategi Pemasaran Produk Bisnis Online
- Oleh Natania Margareta Hutabarat
- Friday 16/07/2021
- Kelompok 238, Kelompok, Kelompok
Kegiatan ini dilakakukan Melalui dimulai tanggal 12,13 hingga 14 Juli 2021
Melalui WhatsApp Grup
Seperti yang diketahui Bisnis online tak dapat dipisahkan dari berbagai platform media sosial dan E-commerce, ini dikarenakan Bisnis online memerlukan pengiklanan produk yang dipasarkan agar dapat dijangkau dan diketahui oleh semua pengguna jejaring media sosial dan E-Commerce
E-Commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet. dengan adanya internet, perkembangan teknologi telah memunculkan berbagai peluang baru dalam bisnis.dan E- Commerce adalah salah satunya beberapa E-commerce seperti : Shopee, Tokopedia, Blibli, Sorabel, JD.ID dan Zalora
E-Commerce sebetulnya dibagi menjadi enam golongan, yaitu:
- Business to business (B2B) — Jenis e-commerce dimana sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada perusahaan lainnya. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari sebuah produsen.
- Business to consumer (B2C) — Dalam jenis ecommerce ini, sebuah perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumen.
- Consumer to consumer (C2C) — C2C adalah transaksi online antara dua individu.
- Consumer to business (C2B) — E- commerce C2B adalah skenario di mana seseorang menjual produk atau layanan kepada sebuah perusahaan. Seorang graphic designer, misalnya, menawarkan dan menjual logo buatannya kepada sebuah bisnis makanan.
- Business to public administration (B2A) — Contoh B2A adalah jasa pembuatan website untuk sistem administrasi online.
- Consumer to public administration (C2A) — Jenis ecommerce satu ini berjalan seperti C2B. Namun, transaksi dilakukan oleh individu dan lembaga pemerintah. Ecommerce dengan model C2A jarang ditemui di Indonesia. Jenis transaksi yang terjadi biasanya berbentuk jasa.
Platform Media Sosial yang sangat Umum digunakan yaitu Facebook dan Instagram dimana media sosial juga hampir sama dengan e-commerce yaitu dapat digunakan untuk memasarkan dan mengiklankan produk dagang yang akan dipasarkan misalnya penggunaan fitur Live atau siaran langsung yang ada di facebook atau instagram sebagai media untuk memasarkan dan mengiklankan produk dagangan agar dapat dijangkau dan dilihat oleh pengguna lain secara lebih luas
Media Sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.
Strategi pemasaran produk bisnis online,strategi pemasaran adalah perencanaan atau penyusunan program untuk mencapai suatu target pasar, dan target tersebut nantinya akan diubah menjadi konsumen produk bisnis yang berasal dari perusahaan. untuk mencapai suatu target pasar.Tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau calon pelanggan melalui saluran di mana mereka untuk membaca, mencari, berbelanja, produk yang di inginkan secara online, dalam Strategi pemasaran Online ini juga dibutuhkan Pengiklanan produk dagangan ini dimaksudkan agar menarik minat calon konsumen untuk membeli produk dangangan yang di iklankan. Terutama bisnis online berbasis makanan/camilan dimana Calon konsumen dapat melihat berbagai informasi terkait dengan nama bisnis atau produk makanan yang dipasarkan kemudian alamat tempat sebagai pelengkap agar konsumen mengetahui dari mana asal tempat pemasaran produk dan jika diperlukan dapat menambahkan jam operasional, alamat email, nomor telepon, website, foto kantor, dan yang terpenting yaitu hingga feedback atau review dari pelanggan Ini dimaksudkan agar konsumen dapat yakin terhadap produk yang di pasarkan dapat dikatakan dengan adanya strategi tersebut, maka kita dapat menentukan target utama bisnis kita dan dapat membidik konsumen dengan lebih spesifik lagi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi produk yang kita tawarkan.
Menyusun sebuah strategi pemasaran memang harus dilakukan secara matang dan benar-benar diperhatikan dengan seksama. Agar bisnis yang dijalankan mampu mengidentifikasi dengan target pasar maka strategi pemasaran yang dilakukan harus tepat dan sesuai. Dan juga pemanfaatan internet untuk menjangkau pasar juga jauh lebih efisien. Manfaat pemasaran online ini tak hanya akan menghemat waktu dan tenaga, namun biaya promosi juga jauh lebih kecil.Strategi pemasaran produk ini harus memperhatikan sumber daya (resource) yang ada. Maksimalkan setiap kebutuhan dengan efektif dan tepat. Jangan terlalu sering untuk melakukan pemborosan dana untuk hal yang tidak menjadi prioritas.