Sosialisasi Strategi marketing berbasis media sosial Materi 3 dan 4 kepada pelaku UMKM di Desa Tibubeneng

Pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 dan Minggu, 11 Juli 2021 saya melakukan persiapan materi sosialisasi mengenai potensi, manfaat sosial media marketing, dan strategi marketing berbasis media sosial. Sebelum mempersiapkan materi, saya menyapa dan bertanya terlebih dahulu kepada masyarakat sasaran. Saya bertanya terkait pemberian materi sosialisasi ke-3 dan 4 apakah baiknya menggunakan google meet atau tidak. Namun berdasarkan kesepakatan bersama, dimana ada beberapa masyarakat sasaran yang berkendala untuk join, sehingga materi diberikan hanya melalui grup WhatsApp sebagai media diskusi. 


Tidak ada kendala saat persiapan materi. Materi ke-3 dalam bentuk docx dan video edukasi. Video edukasi bersumber dari youtube yang kemudian saya edit kembali dan saya beri keterangan untuk sumber video. Video berdurasi 10 menit yang menjelaskan 4 manfaat sosial media marketing. Selain itu saya juga membuat materi potensi dan manfaat sosial media marketing, sehingga memudahkan masyarakat sasaran dalam memahami materi lebih dalam lagi. Manfaat sosial media marketing akan membantu masyarakat sasaran salah satunya dalam meningkatkan kesadaran terhadap brand dan produk yang akan dipasarkan nanti.


Kemudian, materi ke-4 dibuat dalam bentuk ppt. Sehingga masyarakat sasaran lebih mudah memahami poin-poin penting dari strategi marketing dalam pelatihan implementasi strategi marketing nanti. Pada hari senin, 12 Juli 2021 dan selasa,13 Juli 2021, saya membagikan materi 3 dan 4 melalui grup whatsApp. Masyarakat sasaran menerima materi dengan sangat baik, dan saya juga membuka diskusi selama 1 jam penuh, namun hanya beberapa masyarakat sasaran yang bertanya, dikarenakan sudah memahami isi materi tersebut. 



Tentang Penulis
Kadek Intan Dwi Cahyani Dhyasa