SOSIALISASI TAHAP II: PENGGUNAAN APLIKASI GRAB SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PELANGGAN.
- Oleh I Gusti Ayu Komang Putri Tri Wahyuni
- Sunday 01/08/2021
- Kelompok 182, Kelompok, Kelompok
Setelah melaksanakan kegiatan
Sosialiasi tahap I, kegiatan yang dilaksanakan selanjutnya adalah Sosialisasi tahap
II tentang penggunaan aplikasi Grab yang mana tujuan dari aplikasi ini sama
dengan aplikasi Go-Jek yakni sebagai media untuk memperluas jangkauan konsumen. Seperti
yang kita ketahui bersama bahwa saat ini Grab merupakan media yang memiliki
sistem yang hampir sama dengan Go-Jek. Tujuan menggunakan aplikasi Grab juga
sama dengan aplikasi Go-Jek yaitu membantu usaha untuk memperluas jangkauan pelanggan.
Sosialiasi tahap II ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021 dengan kesepakatan
bersama masyarakat sasaran yaitu melalui materi dan video tutorial yang dibagikan
melalui WhatsApp group.
Adapun kegiatan sosialisasi tahap II ini juga
dibagi menjadi 3 kegiatan yakni persiapan materi dan video, sosialisasi tahap II
dengan mengirimkan materi serta video tutorial aplikasi Grab melalui WhatsApp group
dan diskusi terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi tahap II. Persiapan materi
dan video tutroial dilaksanakan pada tanggal 13-17 Juli 2021 yang dibagi menjadi
kegiatan penyusunan materi, penyusunan power point, pengambilan video dan pengeditan
video tutorial. Selanjutnya, pada tanggal 21 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan adalah
menginformasikan informasi terkait kegiatan Sosialisasi tahap II yang dilaksanakan
pada tanggal 22 Juli 2021 dan berdiskusi untuk mengambil keputusan apakah sosialisasi
akan dilaksanakan kembali melalui materi dan video tutorial yang akan dibagikan
melalui WhatsApp group atau melalui video conferences, dan hasil kesepakatannya
yakni tetap melalui materi dan video tutorial yang dibagikan melalui WhatsApp group
dan kesepakatan ini ditetapkan hingga sosialisasi tahap III, kemudian kegiatan
selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi
terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi tahap II yang dilaksanakan pada tanggal
22 Juli 2021. Kemudian tanggal 22 Juli 2021 pukul 13.00 WITA sosialisasi tahap
II berlangsung dengan mengirimkan materi beserta video tutorial dan membuka sesi
diksusi terkait materi dan video yang telah dibagikan hinggal pukul 24.00 WITA dan
ditutup dengan salam dan informasi terkait kegiatan selanjutnya.
Melalui kegiatan sosialisasi tahap II ini diharapkan
masyarakat sasaran mengatahui aplikasi yang dapat membantu memperluas jangkauan
pelanggan selain menggunakan aplikasi Go-Jek. Karena aplikasi Grab dan Go-Jek
memiliki sistem yang hampir sama. Sehingga jika usaha didaftarkan pada kedua
aplikasi tersebut maka usaha yang dimiliki akan jauh lebih luas dalam
menjangkau pelanggan. Semoga melalui sosialisasi tahap I dan tahap II yang
telah dilewati masyarakat sasaran mendapatkan ilmu pengetahuan dalam
mengembangkan usaha dan mendapatkan manfaat berupa peningkatan pendapatan.