SOSIALISASI TAHAP II: PENGGUNAAN APLIKASI GRAB SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN PELANGGAN.

    Setelah melaksanakan kegiatan Sosialiasi tahap I, kegiatan yang dilaksanakan selanjutnya adalah Sosialisasi tahap II tentang penggunaan aplikasi Grab yang mana tujuan dari aplikasi ini sama dengan aplikasi Go-Jek yakni sebagai media untuk memperluas jangkauan konsumen. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini Grab merupakan media yang memiliki sistem yang hampir sama dengan Go-Jek. Tujuan menggunakan aplikasi Grab juga sama dengan aplikasi Go-Jek yaitu membantu usaha untuk memperluas jangkauan pelanggan. Sosialiasi tahap II ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021 dengan kesepakatan bersama masyarakat sasaran yaitu melalui materi dan video tutorial yang dibagikan melalui WhatsApp group.

   Adapun kegiatan sosialisasi tahap II ini juga dibagi menjadi 3 kegiatan yakni persiapan materi dan video, sosialisasi tahap II dengan mengirimkan materi serta video tutorial aplikasi Grab melalui WhatsApp group dan diskusi terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi tahap II. Persiapan materi dan video tutroial dilaksanakan pada tanggal 13-17 Juli 2021 yang dibagi menjadi kegiatan penyusunan materi, penyusunan power point, pengambilan video dan pengeditan video tutorial. Selanjutnya, pada tanggal 21 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan adalah menginformasikan informasi terkait kegiatan Sosialisasi tahap II yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021 dan berdiskusi untuk mengambil keputusan apakah sosialisasi akan dilaksanakan kembali melalui materi dan video tutorial yang akan dibagikan melalui WhatsApp group atau melalui video conferences, dan hasil kesepakatannya yakni tetap melalui materi dan video tutorial yang dibagikan melalui WhatsApp group dan kesepakatan ini ditetapkan hingga sosialisasi tahap III, kemudian kegiatan selanjutnya  dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait pelaksanaan kegiatan sosialisasi tahap II yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021. Kemudian tanggal 22 Juli 2021 pukul 13.00 WITA sosialisasi tahap II berlangsung dengan mengirimkan materi beserta video tutorial dan membuka sesi diksusi terkait materi dan video yang telah dibagikan hinggal pukul 24.00 WITA dan ditutup dengan salam dan informasi terkait kegiatan selanjutnya.

   Melalui kegiatan sosialisasi tahap II ini diharapkan masyarakat sasaran mengatahui aplikasi yang dapat membantu memperluas jangkauan pelanggan selain menggunakan aplikasi Go-Jek. Karena aplikasi Grab dan Go-Jek memiliki sistem yang hampir sama. Sehingga jika usaha didaftarkan pada kedua aplikasi tersebut maka usaha yang dimiliki akan jauh lebih luas dalam menjangkau pelanggan. Semoga melalui sosialisasi tahap I dan tahap II yang telah dilewati masyarakat sasaran mendapatkan ilmu pengetahuan dalam mengembangkan usaha dan mendapatkan manfaat berupa peningkatan pendapatan.

 

 


Tentang Penulis
I Gusti Ayu Komang Putri Tri Wahyuni