Tahap Evaluasi Kegiatan KKNT

Tahap Evaluasi Kegiatan KKNT

Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari pelaksanaan program KKNT ini. Tahap evaluasi dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media Google Form yang telah dibagikan pada WhatsApp Group. Sesuai namanya, tahap ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program kerja yang telah dilaksanakan selama satu bulan. Evaluasi itu mencakup kebermanfaatan program bagi masyarakat sasaran, kegunaan aplikasi marketplace bagi masyarakat sasaran serta berbagai kendala – kendala dan kekurangan yang dialami selama menjalankan program.

Berdasarkan dari kegiatan evaluasi yang telah dilakukan, didapatkan data sebagai berikut:

1)     1)  Kebermanfaatan program bagi masyarakat sasaran

Melalui hasil evaluasi, diketahui bahwa program KKNT yang dijalankan ini membawa manfaat bagi masyarakar sasaran. Berdasarkan data dari Google Formulir yang telah diberikan, persetanse masyarakat yang menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat adalah 100% dengan rincian yang menjawab bahwa program ini membantu mereka ‘mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru’ sebanyak 33,3% (2 orang), yang menjawab bahwa program ini membantu ‘mempermudah mereka dalam menjalankan usaha’ sebanyak 33,3% (2 orang) dan yang menjawab program ini ‘membantu mereka mendapatkan keahlian baru’ sebanyak 33,3% (2 orang). Ini berarti kegiatan yang telah dilaksanakan memiliki manfaat berkelangsungan bagi masyarakat sasaran.

2)    2)  Tingkat pemahaman masyarakat sasaran dalam menggunakan aplikasi marketplace

Berdasarkan data evaluasi, diketahui bahwa persentase masyarakat sasaran yang paham cara menggunakan aplikasi yang sudah diberi pelatihan adalah 100%. Ini berarti seluruh masyarakat sasaran sudah paham cara menggunakan aplikasi marketplace yang telah diajarkan.

3)     3) Kesesuaian aplikasi yang diajarkan dengan minat dan kebutuhan masyarakat

Berdasarkan data, seluruh masyarakat sasaran menjawab bahwa aplikasi yang diajarkan sudah sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Alasannya beragam seperti ada yang memberi alasan jika ‘suka dengan aplikasi yang diajarkan’ sebanyak 1 orang (16,7%), ada yang menjawab bahwa ‘aplikasi mudah dipakai dan dipahami sebanyak 2 orang (33,3%),

4)      4) Kendala – kendala yang dialami

Berdasarkan data dari formulir yang telah diberikan, diketahui bahwa kendala yang dialami adalah kondisi sinyal yang buruk dan kualitas perangkat yang kurang memadai.

 

Tentang Penulis