Tahap Evaluasi Kegiatan KKNT
- Oleh Andi Prasetya
- Friday 30/07/2021
- Kelompok 273, Kelompok, Kelompok
Tahap Evaluasi Kegiatan KKNT
Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari pelaksanaan
program KKNT ini. Tahap evaluasi dilaksanakan secara daring dengan menggunakan
media Google Form yang telah dibagikan pada WhatsApp Group. Sesuai namanya,
tahap ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program
kerja yang telah dilaksanakan selama satu bulan. Evaluasi itu mencakup
kebermanfaatan program bagi masyarakat sasaran, kegunaan aplikasi marketplace
bagi masyarakat sasaran serta berbagai kendala – kendala dan kekurangan yang
dialami selama menjalankan program.
Berdasarkan dari kegiatan evaluasi yang telah
dilakukan, didapatkan data sebagai berikut:
1) 1) Kebermanfaatan
program bagi masyarakat sasaran
Melalui hasil evaluasi, diketahui bahwa program KKNT
yang dijalankan ini membawa manfaat bagi masyarakar sasaran. Berdasarkan data
dari Google Formulir yang telah diberikan, persetanse masyarakat yang
menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat adalah 100% dengan rincian yang
menjawab bahwa program ini membantu mereka ‘mendapatkan pengetahuan dan wawasan
baru’ sebanyak 33,3% (2 orang), yang menjawab bahwa program ini membantu ‘mempermudah
mereka dalam menjalankan usaha’ sebanyak 33,3% (2 orang) dan yang menjawab
program ini ‘membantu mereka mendapatkan keahlian baru’ sebanyak 33,3% (2
orang). Ini berarti kegiatan yang telah dilaksanakan memiliki manfaat
berkelangsungan bagi masyarakat sasaran.
2) 2) Tingkat
pemahaman masyarakat sasaran dalam menggunakan aplikasi marketplace
Berdasarkan data evaluasi, diketahui bahwa persentase
masyarakat sasaran yang paham cara menggunakan aplikasi yang sudah diberi
pelatihan adalah 100%. Ini berarti seluruh masyarakat sasaran sudah paham cara
menggunakan aplikasi marketplace yang telah diajarkan.
3) 3) Kesesuaian
aplikasi yang diajarkan dengan minat dan kebutuhan masyarakat
Berdasarkan data, seluruh masyarakat sasaran menjawab
bahwa aplikasi yang diajarkan sudah sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.
Alasannya beragam seperti ada yang memberi alasan jika ‘suka dengan aplikasi
yang diajarkan’ sebanyak 1 orang (16,7%), ada yang menjawab bahwa ‘aplikasi
mudah dipakai dan dipahami sebanyak 2 orang (33,3%),
4) 4) Kendala
– kendala yang dialami
Berdasarkan data dari formulir yang telah diberikan,
diketahui bahwa kendala yang dialami adalah kondisi sinyal yang buruk dan
kualitas perangkat yang kurang memadai.