Tahap pelaksanaan (Minggu pertama memberikan edukasi mengenai bisnis online)

Tahap berikutnya dari kegiatan KKNbD dalam pelaksanaan di minggu pertama dengan memberikan program kerja pelatihan bisnis online berbasis sosial media sebagai peluang usaha di masa pandemi covid - 19 adalah memberikan edukasi mengenai bisnis online. Pemberian edukasi mengenai bisnis online dilakukan agar masyarakat sasaran memiliki pengetahuan lebih mengenai bisnis online, media yang dapat digunakan untuk berbisnis online dan peluang dalam menjalankan bisnis online pada masa sekarang ini. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi yang telah disiapkan. Materi yang telah dipaparkan akan dijelaskan secara singkat, yaitu sebagai berikut :

1). Menjelaskan pengertian bisnis online. jadi bisnis online adalah aktivitas penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa yang dilakukan melalui sistem elektronik dengan bantuan Internet. Bagi semua pelaku usaha yang melakukan sebagian atau seluruh kegiatan usaha bisnisnya melalui media internet dapat disebut dengan bisnis online. Inti dari pengertian bisnis online ini yaitu semua ide bisnis maupun produk yang unik, banyak dicari, dan barang-barang hingga jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat itu dapat kita jual melalui internet atau yang lebih akrab kita sapa dengan bisnis online. Yang artinya semua orang dapat untuk menjual semua produk dalam bentuk online, dimana disaat kita menjual barang dengan online kita bisa untuk tidak bertatap muka langsung dengan customer. Dengan kata lain mesti kita hanya melakukan kegiatan dengan berjualan menggunakan media internet, kita sudah bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.

2). Peluang bisnis online saat ini sangat berkembang pesat. Hal tersebut dipengaruhi oleh seiring dengan berkembangnya IPTEK. Transaksi yang dulunya dilakukan secara konvensional berubah menjadi transaksi secara online. Bisnis online semakin berkembang pesat sehingga peluang bisnis online ini mulai diminati oleh berbagai kalangan, baik itu ibu rumah tangga, pengrajin, maupun mahasiswa. Bisnis online sangat diminati karena menawarkan berbagai beragam pilihan dan perbandingan dari satu produk dengan produk lainnya cukup transparan sehingga Perkembangan bisnis online di masa pademi ini juga sangat pesat. Masyarakat sadar dengan bahaya Covid-19 ini, maka dari itu demi meminimalisir kontak fisik atau kerumuman, masyarakat lebih memilih menggunakan sosial media untuk berbisnis online.

3). Menjelaskan media yang digunakan untuk berbisnis online. Media yang dapat digunakan dengan mudah yaitu Sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp serta E-commerce (Shopee). Dengan memanfaatkan Sosial media dan E-commerce dalam berbisnis online, maka berpengaruh pada jangkauan pemasaran menjadi lebih luas, pencarian target konsumen menjadi lebih efektif, dapat membantu menemukan konsumen baru, memperluas target pasar, menjadi lebih dekat dengan konsumen, penggunaan sosial media dapat menjadi media promosi dengan biaya yang minim. dan menutup kegiatan dengan melakukan diskusi.

Tentang Penulis