Aksi Open Donasi Buku dan ATK untuk pemenuhan fasilitas literasi TBM sukamaju

Seorang kawan dalam sebuah pertemuan membahas TBM melemparkan sebuah pertanyaan “apakah jumlah koleksi buku di taman bacaan Anda suda memadai?” ujar Aldi. Pertanyaan sederhana yang membuat evaluasi pada TBM sukamaju yang telah saya buat dan memicu diri untuk scale up TBM ini.

Selepas pulang dari pertemuan singkat Bersama kawan saya Aldi, tanpa menunggu lama syaa langsung evaluasi fasilitas pendukung kegiatan belajar di TBM sukamaju ini. Setelah dievaluasi, ternyata jumlah koleksi buku taman bacaan sukamaju belum memadai karena memang TBM ini baru berdiri beberapa pekan lalu. Hal itu terjadi karena saya Bersama volunteer TBM focus pada kegiatan belajar dan belum menyentuh aspek fasilitas seperti buku bacaan, rak buku, dan fasilitas lain.

 

Berangkat dari peristiwa ini, kami (volunteer TBM) menggagas sebuah program pengadaan fasilitas penunjang belajar seperti buku bacaan, rak buku dan fasilitas lain melalui aksi donasi buku. Aksi donasi buku ini guna menghimpun buku bacaan dari para donator yang ingin memberikan buku nya baik itu buku bekas atau buku baru kepada TBM sukamaju untuk dimanfaatkan sebagai fasilitas belajar. Selain itu, kami juga melayani apabila ada donatur yang hendak berdonasi berupa uang guna pembelian fasilitas penunjang pembelajaran.

 

Aksi donasi buku ini dilakukan melalui online dengan menyebarkan pamphlet Open Donasi melalui media sosial seperti whatsapp, facebook dan Instagram oleh semua volunteer TBM. Aksi ini mendapat antusias yang cukup baik dari warganet. Ini terukur dari adanya donatur yang mendonasikan buku bacaan nya kepada TBM sukamaju ini.

Pengadaan fasilitas penunjang pembelajaran ini kami harapkan mampu memicu semangat adik-adik TBM untuk terus belajar. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca adik-adik dengan program bimbingan belajar yang kami lakukan.

Tentang Penulis