Berdiskusi Mengenai Perkembangan Bisnis yang Dijalankan Masyarakat Sasaran

Berdiskusi Mengenai Perkembangan Bisnis yang Dijalankan Masyarakat Sasaran


        Rabu, 15 Juli 2020. Melakukan diskusi mengenai bagaimana perkembangan bisnis dari masyarakat sasaran serta produk apa yang dijual merupakan tahapan yang telah saya laksanakan dalam pelaksanaan kegiatan saya yang ke-3 ini. Dalam diskusi sebelumnya telah dijalankan dengan mengangkat topik apa itu bisnis serta bagaimana pandangan masing-masing masyarakat sasaran mengenai bisnis. Tujuan dari kegiatan saya yang ke-3 ini terkait diskusi yang telah saya lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari bisnis yang telah dijalankan oleh masyarakat sasaran, serta menganalisa permasalahan-permasalahan yang dialami dalam menjalankannya.

        Hasil diskusi yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa, 5 orang masyarakat sasaran antara lain Kadek Swara Juni (Bli Juni), Komang Widiada (Bli Km Widi), Kadek Srinadi (Ibuk Kadek Srinadi), Cening Restini (Ibuk Cening Restini), dan Putu Eka Subagia (Subagia) menyatakan sangat tertarik untuk memiliki bisnis pribadi, 4 orang diantara sudah memulai menjalankan bisnis dan 1 orang masih dalam tahap untuk memulai berbisnis. Ke-5 orang masyarakat sasaran ini masing-masing memiliki produk berbeda dalam bisnis yang dijalankannya, hampir semua produk yang dihasilkan oleh mereka hanya dipasarkan menggunakan pemasaran secara langsung. Dari segi pemasaran yang digunakan oleh masyarakat sasaran ini, serta imbas dari dampak pandemi yang sedang terjadi sekarang menimbulkan permasalahan yang dialami dalam segi pemasaran. Pemasaran yang dulunya dilakukan secara langsung dirasakan kurang efisien dan efektif di masa pandemi saat ini.

        Kesimpulan yang dapat saya tarik dari hasil diskusi yang telah dilaksanakan adalah, permasalahan dalam segi pemasaran yang kurang efektif dan efisien ini dapat diatasi dengan melakukan pemasaran secara online. Pemasaran online merupakan solusi yang saya tawarkan kepada masyarakat sasaran yang dimana dengan menggunakan media sosial ini dirasa dapat menyebarluaskan informasi dengan waktu yang singkat sehingga lebih efektif dan efisien. Dalam solusi pemasaran online ini, saya menyimpulkan pemasaran ini tidak sekedar memasarkan produk dengan tampilan biasa, namun dengan membuat sampel produk yang menarik dan elegan sehingga dapat memikat hati calon pembeli. Terkait pembuatan sampel produk ini akan saya berikan sebuah video tutorial dengan menggunakan aplikasi editing yang simpel dan sederhana sehingga mudah dipahami dan diterapkan oleh masyarakat sasaran.

        Dalam pelaksanaan kegiatan berikutnya, saya akan memberikan materi terkait bagaimana teknis penggunaan media sosial yang dijadikan sarana pemasaran. Tidak hanya teknis penggunaan media sosial, dalam materi tersebut akan diberikan perbandingan-perbandingan antara penggunaan pemasaran secara langsung dengan pemasaran online yang dapat dilihat perbedaanya sehingga dapat meyakinkan masyarakat terkait solusi dalam memilih pemasaran online memang tepat untuk dijalankan.


Tentang Penulis