Bimbingan Bersama Dospem Terkait Pelaksanaan KKNbD dan Pembuatan Laporan Akhir Serta Pengesahan Laporan Akhir Oleh Kepala Desa

    Pelaksanaan kuliah kerja nyata berbasis daring (KKNbD) telah memasuki tahap akhir, dimana seluruh program yang direncanakan telah dijalankan dan sudah memasuki proses pembuatan laporan akhir sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kegiatan yang dilakukan. Laporan akhir yang dibuat, memuat rancangan program kerja sebelumnya yang dibuat dalam proposal program kerja dan ditambahkan hasil pelaksanaan program serta simpulan dan saran. Pada hasil pelaksanaan program dijelaskan bagaimana tahapan pelaksanaan yang dilakukan dari awal hingga akhir kegiatan. Pada bagian tersebut juga dimasukkan bukti pelaksanaan berupa foto ataupun link yang digunakan saat pelaksanaan KKNbD sebagai pendukung bahwa program kerja yang diajukan sebelumnya telah benar-benar dijalankan. Pada tahapan pelaksanaan KKNbD juga telah dilakukan bimbingan bersama dosen pembimbing terkait dengan proses pelaksanaanya serta kendala-kendala yang dialami dalam menjalankannya sehingga akan diberikan solusi yang bisa membantu pelaksanaan KKNbD. Kemudian setelah seluruh program kerja dijalankan baru dilanjutkan kepada proses pembuatan laporan akhir yang juga dilakukan bimbingan bersama dengan dosen pembimbing dan dinyatakan laporan yang dikirimkan dapat diterima.
   Setelah laporan akhir yang dikirimkan dapat diterima, kemudian dilanjutkan dengan meminta tanda tangan kepala desa paksebali, sebagai desa tempat pelaksanaan KKNbD untuk menyatakan bahwa mahasiswa peserta telah benar-benar melaksanakan KKNbD dengan baik dan telah mendukung program desa. Pada kesempatan tersebut kepala desa juga mengucapkan terimakasih karena telah melaksanakan KKNbD dengan baik serta telah membantu program desa. Kepala desa berharap semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan tetap mengabdi kepada masyarakat banyak.



Tentang Penulis
I Nengah Putra Jaya Suryanata