Buku Kas - Aplikasi Pencatatan Keuangan untuk Membantu Peningkatan Kapasitas UMKM | KKNbD Kel. Kampung Baru 2021

"dengan Buku Kas, bisnis menjadi mudah"

***

Jargon aplikasi layanan keuangan berlambang lebah berwarna dasar kuning ini sesuai dengan apa yang ditawarkan pada produk aplikasinya.


Berdasarkan keadaan maayarakat sasaran saya  yang sebagian besar belum melakukan pencatatan keuangan secara rinci, teratur dan disiplin membuat saya merasa perlu untuk memandu mereka dalam melakukan pembukuan keuangan tersebut namun dengan pendekatan yang lebih mudah dipahami dan diikuti oleh mereka yang berlatar belakang bukan jurusan ekonomi dan tidak mengetahui seluk beluk pencatatan keuangan atau pembukuan yang baik, yang pada umumnya mengikuti standar pencatatan akuntansi basis akrual. 


Maka dari itu setelah melakukan riset dan mencari berbagai referensi yang membantu, saya akhirnya memutuskan untuk mengenalkan aplikasi keuangan "Buku Kas" kepada para masyarakat sasaran sebab dengan aplikasi ini, masyarakat dapat dengan mudah menginput transaksi sehari-hari usaha mereka secara konsisten. Kemudian berbagai fitur canggih yang terdapat di dalamnya mampu mengolah transaksi-transaksi sederhana tersebut menjadi berbagai bentuk informasi keuangan yang memudahkan masyarakat sasaran saya memahami keadaan keuangan usaha mereka serta profitabilitas dan perputaran arus kasnya. 


Penulis sebagai pelaksana program, telah menyiapkan sebuah playlist youtube yang berisi puluhan video panduan penggunaan aplikasi Buku Kas baik secara general maupun penggunaan fiturnya secara khusus, kemudian pada Hari Senin, 26 Juli 2020 pukul  18.30-19.15 wita dengan memanfaatkan platform whatsapp group, kegiatan pelaksanaan KKNbD pertemuan terakhir ini dilaksanakan dengan agenda pengenalan aplikasi Buku Kas kepada masyarakat sasaran, kemudian mempersilakan masyarakat sasaran untuk mengunduh aplikasi dan langsung mempraktikkan penggunaan aplikasi sesuai dengan transaksi usahanya masing-masing sampai dengan memperoleh ikhtisar profit usaha yang dihasilkan dari seluruh transaksi yang telah diinput.


Setelah pengenalan dan praktik penggunaan aplikasi selama 1 jam, penulis kemudian melanjutkan agenda pertemuan tersebut dengan membuka sesi diskusi terkait pendapat mengenai aplikasi, kendala maupun pertanyaan yang muncul ketika menggunakan aplikasi Buku Kas tersebut. Dan sesuai dengan harapan, para masyarakat sasaran dapat dengan mudah menyesuaikan diri dan menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar oleh karena kecanggihan aplikasi sendiri dan juga playlist video panduan di youtube yang telah disediakan penulis sehingga setiap kebuntuan atau kesulitan yang mereka hadapi dapat ditemukan solusinya dengan mudah. Para masyarakat sasaran mengakui bahwa aplikasi Buku Kas tersebut sangat membantu proses pencatatan keuangan usaha mereka bahkan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun sebab aplikasi tersebut bersifat open-source dan gratis.


Dengan kabar baik tersebut, diharapkan agar masyarakat sasaran mampu tetap memanfaatkan aplikasi tersebut dalam pencatatan keuangan usahanya secara rutin dan konsisten sehingga mereka dapat mengenal dan mengetahui kondisi riil dari usaha mereka melalui rasio-rasio keuangan, kemudian dapat mengambil keputusan usaha strategis yang pada akhirnya akan memudahkan mereka dalam meningkatkan kapasitas usaha masing-masing meskipun dalam kondisi pandemi yang sekaligus merupakan tujuan utama penulis pada pelaksanaan program KKNbD ini.


Terimakasih telah membaca seluruh blog saya dan apabila belum, jangan lupa baca juga blog-blog KKNbD Kel. Kampung Baru 2021 yang lainnya ya! ;)

______________________________


Berikut ini saya lampirkan link folder yang berisi video dokumentasi kegiatan.

Dokumentasi Kegiatan KKNbD Kel. Kampung Baru Pertemuan ke-4








Tentang Penulis
Putu Diah Pradnya Paramitha