Diskusi Bersama Masyarakat Sasaran Terkait Pemasaran Online Jamu Temulawak
- Oleh Dewa Ayu Dwiki Widiastiti
- Saturday 31/07/2021
- Kelompok 128, Kelompok, Kelompok
Pada tanggal 29 Juli 2021 yaitu hari Kamis bertepat di KKNbD
Desa Tegal Tugu. Saya melaksanakan kegiatan diskusi bersama masyarakat sasaran
terkait pemasaran online jamu temulawak yang dilakukan oleh masyarakat sasaran.
Diskusi ini dilakukan setelah masyarakat sasaran diberikan edukasi serta
pendampingan mengenai cara pemasaran jamu temulawak melalui platform media online
yaitu, Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Diskusi dilakukan bersama 5 orang
masyarakat sasaran dimulai dari jam 14.06 sampai dengan jam 15.38 melalui
WhatsApp grup KKNbD.
Dalam diskusi diperoleh hasil bahwa 2 masyarakat sasaran
sudah membuat akun bisnis untuk menjual jamu temulawak di Instagram dan 3
masyarakat sasaran sudah menjualnya melalui WhatsApp. Namun masyarakat sasaran
belum ada yang membuat akan bisnis di Facebook dikarenakan masyarakat sasaran
jarang menggunakan Facebook dan ada juga yang tidak menggunakan Facebook. Jadi
mereka lebih memilih untuk memasarkan jamu temulawaknya menggunakan WhatsApp
dan Instagram. Sedangkan untuk saat ini masyarakat sasaran belum mengalami
kendala terkait pemasaran jamu temulawak yang telah dilakukan. Pemasaran jamu
temulawak yang dilakukan masyarakat sasaran saat ini cukup membantu, karena
setidaknya ada kegiatan yang dapat dilakukan untuk sedikit menambah penghasilan
dari masyarakat sasaran di tengah pandemi Covid-19. Meskipun untuk penjualannya
belum seberapa dan belum terlihat keuntungan yang didapat dikarenakan baru
dimulai, namun masyarakat sasaran tetap antusias untuk melanjutkan kegiatan
pemasarannya ketahap-tahap berikutnya.