Diskusi Bersama Terkait “Penerapan Strategi Digital Marketing – Sosial Media Marketing” – KKNbD Desa Banyuasri 2021
- Oleh Putu Widi Sintya Dewi
- Tuesday 27/07/2021
- Kelompok 53, Kelompok, Kelompok
Adanya perpanjangan
PPKM darurat selama masa pandemi Covid, membuat beberapa usaha harus
menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Perubahan karena adanya pandemi
Covid-19 ini tentunya membawa perubahan lain pada kebutuhan dan kebiasaan dalam
berbelanja online. Kemajuan digital marketing merupakan salah satu upaya bisnis
dalam melakukan penjualan dengan sistem kerja yang berbasis online melalui
sosial media maupun platform lainnya. Bisnis online memiliki potensi pasar yang
sangat luas serta memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi
dan mengakses produk atau jasa dari rumah saja. Bisnis konvensional pun bisa
melakukan strategi ini dalam pemasarannya agar bisnis mereka bisa bertahan.dengan
menjangkau pasar yang lebih luas.
Pelaksanaan KKNbD minggu ke-3
dilakukan dengan cara pemberian materi sekaligus diskusi bersama masyarakat
sasaran dengan menggunakan media googlemeet
(daring). Tujuannya agar masyarakat sasaran yang merupakan pelaku bisnis
konvensional dapat mengetahui dan
memahami mekanisme pemasaran digital khususnya mengenai sosial media marketing sebagai
salah satu strategi digital marketing yang paling efektif dilakukan saat ini. Mengingat
pengguna dari sosial media meningkat selala pandemi dan para masyarakat sasaran
lebih dominan aktif memasarka produknya disana sehingga media yang paling tepat
dibahas pada pertemuan kali ini adalah mengenai sosial media marketing. Diharapkan
apa yang diperoleh dalam pelatihan kali ini dapat diterapkan dalam bisnis
sehingga kedepannya pemasaran online lebih dimaksilkan untuk kemajuan bisnis di
masa depan.
Pada tanggal 21-22 Juli (minggu ketiga) dimulai dengan tahapan sebagai berikut ;
- [21 Juli 2021] Pemberian informasi terkait pertemuan selanjutnya kepada masyarakat sasaran dan menyepakati waktu pertemuan secara daring melalui diskusi di grup whatsapp yang telah dibuat sebelumnya. Setelah menyepakati waktu diskusi, seluruh masyarakat yang tergabung telah menyetujui dan akan hadir.
- [22 Juli 2021] Menyiapkan link googlemeet kepada masyarakat sasaran yang dilanjutkan dengan pemberian materi dan diakhiri dengan sesi diskusi bersama para masyarakat sasaran via googlemeet. Selama diskusi berlangsung, materi yang dibahas mengenai Penerapan Strategi Digital Marketing (menjelaskan secara lebih detail powerpoint yang ditayangkan selama diskusi berlangsung) yang dapat dilihat dari berbagai aspek. Selama diskusi berlangsung, penulis bersama masyarakat sasaran melakukan sharing mengenai sosial media apa yang paling sering digunakan, kendala yang dihadapi selama menggunakan sosial media tersebut, dan lain sebagainya. Adapun sosial media yang paling dominan digunakan oleh masyarakat sasaran yaitu Whatsapp karena menurut mereka media tersebut yang paling mudah digunakan. Memang benar jika itu paling mudah digunakan, tetapi kelemahannya pasti ada, misalnya target pasar yang dijangkau kurang luas karena hanya sebatas kontak yang menyimpan nomor kita juga. Selama pelaksanaan tidak terdapat kendala yang berarti sehingga diskusi berjalan dengan lancar. Setelah melakukan diskusi via googlemeet, penulis mengirimkan PPT beserta video referensi tambahan sebagai pelengkap materi yang telah disampaikan sebelumnya.
Berikut link PPT beserta video yang dibagikan kepada masyarakat sasaran :
PPT PENERAPAN KONSEP DIGITAL MARKETING
Video referensi :
Melalui video dalam channel youtube "dewaweb" tersebut kita menjadi lebih memahami mengenai sosial media marketing serta manfaat yang ditawarkan jika menerapkannya dalam bisnis. Informasi yang dipaparkan yakni mengenai sejarah singkat dari sosial media marketing yang dilanjutkan dengan pembahasan mengenai tips-tips yang bisa dilakukan agar berhasil menerapkan sosial media marketing dalam bisnis, paparan mengenai ha tersebut yaitu :
- Pelajari audiens/pelanggan dengan memilih sosial media yang sesuai serta karakteristik dan kendalanya masing"
- Sosial listening (mendengarkan keluh/kesah dari pelanggan mengenai produkmu untuk dapat dijadikan masukan terhadap penyempurnaan kualitas produk selanjutnya)
- Buat rencana harian (agar pemasaran lebih terencana dan terstruktur kedepannya)
- Aktif di komunitas sosial media (jika sudah berhasil, langkah selanjutnya buka lebih banyak relasi untuk memperluas target pasar bisnis, lakukan sharing seputar kendala bisnis, semakin terbuka semakin banyak relasi yang bisa didapatkan)
- Gunakan iklan - berbayar (opsional jika bisnis sudah siap untuk melangkah ke tahap yang lebih tinggi dan mempercepat kinerja sosial media)
- Analisa performa sosial media (agar mengetahui seperti apa kinerja sosial media dalam menarik pelanggan)
- Konsisten (sangat penting untuk dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis)
Baik sekian dari pemaparan dalam blog kali ini, terimakasih :)