Evaluasi Akhir KKNbD Pengolahan dan Pemasaran Jamu Temulawak Secara Online Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dalam Upaya Menanggulangi Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Di Desa Tegal Tugu.

Tahap akhir dari KKNbD Pengolahan dan Pemasaran Jamu Temulawak Secara Online Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dalam Upaya Menanggulangi Dampak Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19 Di Desa Tegal Tugu adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait program kerja dari tahapan pertama sampai ketiga. Evaluasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 melalui WhatsApp Grup di Desa Tegal Tugu. Evaluasi ini dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan melalui google form. Tujuan dari dilakukan evaluasi adalah untuk mengetahui tentang bagaimana penilaian masyarakat sasaran terhadap metode pemberian materi yang digunakan, pemahaman masyarakat terhadap materi yang diberikan, mengetahui kendala yang dialama masyarakat sasaran selama mengikuti kegiatan KKNbD, dan manfaat yang didapat masyarakat sasaran dalam mengikuti pelaksanaan KKNbD.

Dari hasil evaluasi tersebut dapat saya simpulkan beberapa hal, yaitu;

1.       Masyarakat sasaran merasa metode pemberian materi sudah sangat baik.

2.       Rata-rata masyarakat sasaran sudah dapat memahami tentang materi yang diberikan.

3.       Masyarakat sasaran tidak terlalu mendapat kendala yang berarti ketika mengikuti kegiatan KKNbD.

4.       Masyarakat sasaran merasa pelaksanaan KKNbD yang dilangsungkan sangat memberikan manfaat.

5.       Masyarakat sasaran menjelaskan beberapa manfaat yang didapat dari kegiatan yaitu membantu permasalahan ekonomi, adanya kegiatan tambahan, dan menambah pendapatan.

6.       Rata-rata masyarakat sasaran sudah sangat puas dengan pelatihan yang diberikan.

Dari kesimpulan tersebut dapat diartikan bahwa pelaksanaan kegiatan KKNbD ini sudah berjalan dengan baik. Masyarakat sasaran sudah sangat kooperatif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan KKNbD sampai saat ini.semoga melalui kegiatan ini masyarakat sasaran mempunyai alternative dalam menambah pengahasilannya di tengah pandemi Covid-19 dan dapat membantu masyarakat sasaran dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari

Tentang Penulis