Evaluasi Akhir Program Pembelajaran Tambahan Bahasa Inggris

    Evaluasi akhir untuk mengetahui hasil dari program kerja yang telah dilaksanakan selama 4 minggu KKNbD dilakukan dengan du acara yaitu wawancara secara langsung dan menyebar kuisioner untuk mencatat kembali pendapat masing-masing masyarakat sasaran.

    Dalam hasil wawancara beserta kelima masyarakat sasaran, jawaban yang berbeda diberikan terdapat beberapa poin pertanyaan. Dalam pertanyaan ‘apakah anda kesulitan dalam menerima materi?’ dua dari lima orang menjawab ‘iya’ dan sisanya menjawab ‘tidak’. Setelah dimintai alasan dari jawaban yang diberikan, masyarakat sasaran yang merasa kesulitan dalam menerima materi menjelaskan bahwa mengingat bahasa asing terasa sulit karena tidak digunakan sehari-hari. Dalam hal ini peserta KKNbD memberi solusi berupa membuat catatan kecil yang bisa dibaca kapan saja atau mencoba mengucapkan beberap kosakata setiap hari untuk melatih daya ingat.

    Selain kemampuan dalam menerima materi yang diberikan, pertanyaan lainnya yaitu ‘apakah interaksi antara peserta KKNbD dengan masyarakat sasaran terasa nyaman?’ jawaban yang didapat adalah jawaban positif dengan penjelasan bahwa peserta KKNbD bisa membangkitkan suasana agar terasa menyenangkan meski ketika sedang belajar.

    Dalam kegiatan evaluasi akhir ini bisa disimpulkan bahwa manfaat yang cukup baik bisa diterima oleh masyarakat, dijelaskan bahwa ketika sebelumnya masyarakat sasaran kurang tahu mengenai kosakata bahasa Inggris bisa mulai mengenal dan ingat beberapa kosakat bahasa Inggris meski masih tahap dasar dan dalam lingkup tidak terlalu luas.

    Dengan kegiatan evaluasi ini diharapkan masyarakat sasaran yang merupakan anak-anak SD bisa lebih giat dalam belajar dan bisa menemukan metode yang membuat suasana belajar itu terasa menyenangkan untuk dijalankan.

Tentang Penulis
Ni Wayan Indiana Sherly Antari