Evaluasi dan Kepuasan Masyarakat Sasaran Mengenai Pelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan kuisioner melalui google form pada tanggal 28 Juli 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran setelah mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19. Sejauh ini (1 Agustus 2020) hanya 6 dari 10 orang yang mengisi kuisioner yang di telah diberikan. Pemateri sudah mencoba menghubungi secara personal, namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Sebanyak satu orang memberikan alasan sedang sibuk mengikuti kegiatan UKM yang diikutinya di kampus, sebanyak dua orang tidak memberikan alasan, dan 1 orang telah keluar WA grup tanpa ada pembicaraan sebelumnya. Pemateri juga sudah sering menghubungi masyarakat sasaran, namun tetap tidak mendapatkan jawaban.

 

Kuisioner evaluasi yang diberikan berisi 10 pertanyaan yang berhubungan dengan materi pada pertemuan 2 sampai pertemuan 6, yaitu dari awal pengenalan freelance sampai pembuatan gig serta tips mendapatkan buyer atau sering disebut dengan tips pecah telur. Pertanyaan dibuat dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dan masing-masing pertanyaan diberi skor 10. Berdasarkan kuisioner yang telah diisi oleh 6 orang masyarakat sasaran didapatkan hasil yang cukup memuaskan, yaitu mendapatkan nilai rata-rata 83,33 yang berisi satu orang dengan nilai 70, tiga orang dengan nilai 80, satu orang dengan nilai 90, dan satu orang dengan nilai 100.

Tabel 1. Nilai Akhir Masyarakat Sasaran

Nama lengkap

Nomor

Total Score

Rata-rata

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Frefti Alvanza

10

10

10

10

10

0

10

10

0

10

80

83,33

Anza Altorido

10

0

10

10

10

10

10

10

0

0

70

Pandi Barep Arianza

10

10

10

10

10

10

10

0

10

10

90

Bima Lindu Hadi Kuncoro

10

10

10

10

10

10

10

0

0

10

80

Rizki Mardiyanti

10

10

10

10

10

10

10

0

0

10

80

Octa Listia

10

10

10

10

10

10

10

10

10

10

100

 

Masyarakat sasaran paling banyak salah menjawab pada pertanyaan nomor 9, yaitu sebanyak 4 dari 6 orang telah salah menajwab pertanyaan ini. Setelah diberikan kuisioner yang kedua, yaitu kuisioner kepuasan, ternyata masayarkat sasaran masih banyak yang belum mempraktikkan untuk membuat gig (produk digital atau jasa yang hendak dijual) whiteboard animation sehingga banyak yang belum mengetahui paham isi dari komponen gallery. Berikut ini bentuk kuisioner (Google Form) Evaluasi Masyarakat Sasaran MengenaiPelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan SelamaMasa/Pasca Covid-19 dan Chart Jawaban Evaluasi

Kuisioner kedua adalah tentang kepuasan masyarakat sasaran selama mengikuti pelatihan. Pada kuisioner yang kedua, pemateri memberikan pertanyaan atau meminta pendapat masyarakat sasaran mengenai permasalahan selama mengikuti pelatihan. Kuisioner ini diisi oleh 6 dari 10 orang masyarakat sasaran, 4 orang berjenis kelamin laki-laki, dan 2 orang berjenis kelamin perempuan. Menurut 5 orang masyarakat sasaran, pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat dan isi dari materi yang disampaikan sudah detail, jelas, dan terperinci, serta pemateri juga menyampaikan materi dengan asyik, seru, menguasai materi dan jelas.

 

Hal yang mendasari pemateri memberikan kuisioner yang meminta pendapat masyarakat sasaran adalah karena selama pelatihan hanya sedikit masyarakat sasaran yang aktif untuk bertanya atau menanggapi materi yang diberikan. Awalnya pemateri berpikir bahwa materi yang diberikan atau cara menyampaikakn materi kurang asyik atau kurang jelas. Setelah diberikan kuisioner ternyata materi sudah detail, jelas, dan terperinci, serta pemateri juga menyampaikan materi dengan asyik, seru, menguasai materi dan jelas. Selamat pelatihan, sebanyak 4 dari 6 orang menyatakan selalu hadir mengikuti pelatihan dan 2 orang pernah tidak hadir karena sedang ada UAS dan kuliah. Sayangnya, masyarakat sasaran tidak mengkorfirmasi kepada pemateri sebelum pelatihan dimulai sehingga tidak memungkinkan pemateri untuk membatalkan pelatihan.

 

Pemateri memberikan pelatihan dengan tujuan untuk membantu memberikan solusi kepada masyarakat sasaran agar bisa membantu perekonomian selama masa/pasca Covid-19. Berdasarkan kuisioner yang diberikan, 50% masyarakat sasaran menyatakan mungkin yakin, dan 50% masyarkat sasaran menyatakan yakin dapat menghasilkan uang dari Fiverr (situs freelance) setelah mengikuti pelatihan ini. Selain itu sebanyak 50% masyarakat sasaran juga menyatakan masih tertarik untuk menjadi freelancer, dan 50% lainnya menyatakan mungkin masih tertarik.

 

Melihat kembali pada kuisioner yang pertama, yang mana masyarakat sasaran banyak salah menjawab pada pertanyaan nomor 9. Hal ini bisa disebabkan karena masyarakat sasaran tidak langsung mempraktikkan untuk membuat gig. Dapat dilihat pada link chart jawaban kepuasan di bawah, sebanyak 4 orang belum membuat gig dan hanya 2 orang yang sudah membuat gig. Masyarakat sasaran yang belum membuat gig menyampaikan bahwa belum memiliki waktu untuk membuatnya.

 

Dari hasil kuisioner kedua, yaitu kuisioner kepuasan masyarakat sasaran mengenai pelatihan yang diberikan, sebagian besar masyarakat sasaran sangat puas. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai yang diberikan oleh masyarakat sasaran pada link hasil  jawaban di bawah. Masyarakat sasaran dalam kuisioner menyatakan bahwa masyarakat sasaran masih mau terhubung dengan pemateri dengan berbagai rasional, salah satunya adalah agar dapat bertanya jika ada yang belum dipahami dan ketika mengalami kesulitan. Berikut ini jawabanKuisioner Kepuasan Masyarakat Sasaran Mengenai Pelatihan Pemanfaatan SitusFreelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19 dan Chart Jawaban Kepuasan

Menurut pemateri, kendala yang paling besar yang dialami pemateri adalah pelatihan dilaksanakan secara online sehingga sulit mengontrol masyarakat sasaran apakah sudah benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik atau belum. Pemateri sudah menawarkan untuk menggunakan google meet agar lebih mudaa dan lebih jelas, namun ada beberapa masyarakat sasaran yang tidak bisa karena terkendala kuota internet, walaupun demikian pemateri berusaha membuat materi dengan detail agar mudah dipahami oleh masyarkat sasaran. Pemateri dapat menyimpulkan bahwa masyarakat sasaran memiliki pemahaman yang baik mengenai materi yang diberikan dalam pelatihan freelance pada kegiatan KMbD tahun 2020 dan sebagian besar masyarakat sasaran sangat puas dengan pelatihan yang diberikan. Saran yang dapat diberikan untuk kegiatan yang akan datang adalah untuk membuat materi yang lebih jelas dan lebih detail dan diadakan kuis serta reward pada setiap pertemuan agar masyarakat sasaran dapat tertarik untuk ikut serta aktif dalam pelatihan.