Evaluasi dan Kepuasan Masyarakat Sasaran Mengenai Pelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19
- Oleh Hasannudin
- Sunday 02/08/2020
- Kelompok 302, Kelompok, Kelompok
Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan kuisioner
melalui google form pada tanggal 28 Juli 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana pemahaman dan kepuasan masyarakat sasaran setelah
mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber
Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19. Sejauh ini (1 Agustus 2020) hanya 6
dari 10 orang yang mengisi kuisioner yang di telah diberikan. Pemateri sudah
mencoba menghubungi secara personal, namun belum mendapatkan jawaban yang
memuaskan. Sebanyak satu orang memberikan alasan sedang sibuk mengikuti
kegiatan UKM yang diikutinya di kampus, sebanyak dua orang tidak memberikan
alasan, dan 1 orang telah keluar WA grup tanpa ada pembicaraan sebelumnya.
Pemateri juga sudah sering menghubungi masyarakat sasaran, namun tetap tidak
mendapatkan jawaban.
Kuisioner evaluasi yang diberikan berisi 10 pertanyaan
yang berhubungan dengan materi pada pertemuan 2 sampai pertemuan 6, yaitu dari
awal pengenalan freelance sampai pembuatan gig serta tips mendapatkan buyer
atau sering disebut dengan tips pecah telur. Pertanyaan dibuat dalam bentuk
pilihan ganda (multiple choice) dan masing-masing pertanyaan diberi skor
10. Berdasarkan kuisioner yang telah diisi oleh 6 orang masyarakat sasaran didapatkan
hasil yang cukup memuaskan, yaitu mendapatkan nilai rata-rata 83,33 yang berisi
satu orang dengan nilai 70, tiga orang dengan nilai 80, satu orang dengan nilai
90, dan satu orang dengan nilai 100.
Tabel 1. Nilai Akhir Masyarakat Sasaran
Nama
lengkap |
Nomor |
Total
Score |
Rata-rata |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
|||
Frefti Alvanza |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
0 |
10 |
10 |
0 |
10 |
80 |
83,33 |
Anza Altorido |
10 |
0 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
0 |
0 |
70 |
|
Pandi Barep Arianza |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
0 |
10 |
10 |
90 |
|
Bima Lindu Hadi Kuncoro |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
0 |
0 |
10 |
80 |
|
Rizki Mardiyanti |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
0 |
0 |
10 |
80 |
|
Octa Listia |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
10 |
100 |
Masyarakat sasaran paling banyak salah menjawab pada pertanyaan nomor 9, yaitu sebanyak 4 dari 6 orang telah salah menajwab pertanyaan ini. Setelah diberikan kuisioner yang kedua, yaitu kuisioner kepuasan, ternyata masayarkat sasaran masih banyak yang belum mempraktikkan untuk membuat gig (produk digital atau jasa yang hendak dijual) whiteboard animation sehingga banyak yang belum mengetahui paham isi dari komponen gallery. Berikut ini bentuk kuisioner (Google Form) Evaluasi Masyarakat Sasaran MengenaiPelatihan Pemanfaatan Situs Freelance sebagai Sumber Penghasilan SelamaMasa/Pasca Covid-19 dan Chart Jawaban Evaluasi
Kuisioner kedua adalah tentang kepuasan masyarakat
sasaran selama mengikuti pelatihan. Pada kuisioner yang kedua, pemateri
memberikan pertanyaan atau meminta pendapat masyarakat sasaran mengenai
permasalahan selama mengikuti pelatihan. Kuisioner ini diisi oleh 6 dari 10
orang masyarakat sasaran, 4 orang berjenis kelamin laki-laki, dan 2 orang
berjenis kelamin perempuan. Menurut 5 orang masyarakat sasaran, pelatihan yang
diberikan sangat bermanfaat dan isi dari materi yang disampaikan sudah detail,
jelas, dan terperinci, serta pemateri juga menyampaikan materi dengan asyik,
seru, menguasai materi dan jelas.
Hal yang mendasari pemateri memberikan kuisioner yang
meminta pendapat masyarakat sasaran adalah karena selama pelatihan hanya
sedikit masyarakat sasaran yang aktif untuk bertanya atau menanggapi materi
yang diberikan. Awalnya pemateri berpikir bahwa materi yang diberikan atau cara
menyampaikakn materi kurang asyik atau kurang jelas. Setelah diberikan
kuisioner ternyata materi sudah detail, jelas, dan terperinci, serta pemateri
juga menyampaikan materi dengan asyik, seru, menguasai materi dan jelas. Selamat
pelatihan, sebanyak 4 dari 6 orang menyatakan selalu hadir mengikuti pelatihan
dan 2 orang pernah tidak hadir karena sedang ada UAS dan kuliah. Sayangnya,
masyarakat sasaran tidak mengkorfirmasi kepada pemateri sebelum pelatihan
dimulai sehingga tidak memungkinkan pemateri untuk membatalkan pelatihan.
Pemateri memberikan pelatihan dengan tujuan untuk
membantu memberikan solusi kepada masyarakat sasaran agar bisa membantu
perekonomian selama masa/pasca Covid-19. Berdasarkan kuisioner yang diberikan,
50% masyarakat sasaran menyatakan mungkin yakin, dan 50% masyarkat sasaran
menyatakan yakin dapat menghasilkan uang dari Fiverr (situs freelance)
setelah mengikuti pelatihan ini. Selain itu sebanyak 50% masyarakat sasaran
juga menyatakan masih tertarik untuk menjadi freelancer, dan 50% lainnya
menyatakan mungkin masih tertarik.
Melihat kembali pada kuisioner yang pertama, yang mana
masyarakat sasaran banyak salah menjawab pada pertanyaan nomor 9. Hal ini bisa
disebabkan karena masyarakat sasaran tidak langsung mempraktikkan untuk membuat
gig. Dapat dilihat pada link chart jawaban kepuasan di bawah, sebanyak 4
orang belum membuat gig dan hanya 2 orang yang sudah membuat gig. Masyarakat
sasaran yang belum membuat gig menyampaikan bahwa belum memiliki waktu untuk
membuatnya.
Dari hasil kuisioner kedua, yaitu kuisioner
kepuasan masyarakat sasaran mengenai pelatihan yang diberikan, sebagian besar
masyarakat sasaran sangat puas. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai yang
diberikan oleh masyarakat sasaran pada link hasil jawaban di bawah. Masyarakat sasaran dalam
kuisioner menyatakan bahwa masyarakat sasaran masih mau terhubung dengan
pemateri dengan berbagai rasional, salah satunya adalah agar dapat bertanya
jika ada yang belum dipahami dan ketika mengalami kesulitan. Berikut ini jawabanKuisioner Kepuasan Masyarakat Sasaran Mengenai Pelatihan Pemanfaatan SitusFreelance sebagai Sumber Penghasilan Selama Masa/Pasca Covid-19 dan Chart Jawaban Kepuasan
Menurut
pemateri, kendala yang paling besar yang dialami pemateri adalah pelatihan
dilaksanakan secara online sehingga sulit mengontrol masyarakat sasaran apakah
sudah benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik atau belum. Pemateri sudah
menawarkan untuk menggunakan google meet agar lebih mudaa dan lebih
jelas, namun ada beberapa masyarakat sasaran yang tidak bisa karena terkendala
kuota internet, walaupun demikian pemateri berusaha membuat materi dengan
detail agar mudah dipahami oleh masyarkat sasaran. Pemateri dapat menyimpulkan
bahwa masyarakat sasaran memiliki pemahaman yang baik mengenai materi yang
diberikan dalam pelatihan freelance pada kegiatan KMbD tahun 2020 dan
sebagian besar masyarakat sasaran sangat puas dengan pelatihan yang diberikan. Saran
yang dapat diberikan untuk kegiatan yang akan datang adalah untuk membuat
materi yang lebih jelas dan lebih detail dan diadakan kuis serta reward pada
setiap pertemuan agar masyarakat sasaran dapat tertarik untuk ikut serta aktif
dalam pelatihan.