Evaluasi Dengan Masyarakat Sasaran Mengenai Kegiatan Pelatihan Belajar Daring Dengan Google Form

   Evaluasi kegiatan dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan program yang telah dijalankan. Dimana dalam hal ini evaluasi dengan masyarakat sasaran mengenai kegiatan pelatihan belajar daring dengan google form dilaksanakan juga dengan cara pemberian tautan google form atau dilaksanakan dengan google form sehingga memudahkan masyarakat sasaran dalam memberikan tanggapan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan tanpa adanya kebingungan. 

      Telah dijelaskan pada awal kegiatan, bahwa jumlah masyarakat sasaran dalam program yang dikembangkan yaitu 5 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa SD, 2 orang siswa SMP, dan 1 orang siswa SMA.  Ditetapkannya siswa/siswi menjadi masyarakat sasaran, sebab disesuaikan dengan permasalahan yang sedang terjadi selama pandemi covid-19 dilingkungan masyarakat yang dalam hal ini berkaitan dengan bidang pendidikan atau pembelajaran. Dengan demikian, maka di tetapkanlah topik mengenai pendidikan dan ditetapkan juga judul program yakni Pelatihan Penggunaan Media Daring Google Form Sebagai Alat Belajar di Rumah bagi Siswa di Masa Pandemi Covid-19. 

    Adapun beberapa hal yang dapat disampaikan atau yang dapat diketahui mengenai kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan, diantaranya yakni:

  1.  Pelatihan belajar daring dengan google form memiliki kelebihan seperti, (a). Dapat membuat siswa menjadi lebih bersemangat belajar, sebab selama pandemi siswa hanya belajar dengan buku tanpa internet. (b). Siswa menjadi lebih mengerti soal-soal tertentu sebab apabila siswa salah dalam menjawab, maka akan dijelaskan hingga siswa mulai memahami. Hal ini berbeda dengan tugas yang didapatkan siswa dari sekolah masing-masing yang hanya diberikan melalui pesan whatsapp kemudian dituntut untuk memahami materi secara individu dan tentu saja akan membuat siswa merasa jenuh serta tidak adanya semangat belajar. (c). Belajar dengan google form juga lebih efektif dan efisien tempat serta waktu.
  2. Pembelajaran daring dengan google form sudah mulai diterapkan oleh guru sejak tahun ajaran baru yang dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Dalam hal ini artinya guru sudah mulai mengenal teknologi khususnya internet untuk membantu kegiatan belajar mengajar dan tidak hanya berpatokan pada buku dan televisi saja.
  3. Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun tentu saja juga terdapat kendala yang dialami selama kegiatan pelatihan belajar daring dengan google form, yakni pada sinyal. Dimana terkadang sinyal mengalami gangguan sehingga mengganggu kelancaran kegiatan. Namun hal ini tidak mengurangi semangat siswa belajar, hanya saja perlu kesabaran untuk melaksanakan kegiatan dan terbukti kegiatan dapat tetap berjalan.
  4. Apabila pandemi covid-19 telah berakhir atau pembelajaran konvensional sudah dapat dilaksanakan, 60% masyarakat sasaran yang artinya 3 orang siswa lebih memilih belajar daring dengan google form tetap dilaksanakan sebab dapat membantu siswa untuk lebih memahami atau lebih memanfaatkan teknologi di era saat ini. Kemudian alasan lainnya yakni, belajar daring jika dilaksanakan akan lebih efektif dan efisien tempat. Pernyataan ini sama halnya dengan kelebihan dari pembelajaran daring.
  5. Masyarakat sasaran mengalami kesulitan belajar dengan google form pada mata pelajaran matematika untuk siswa SD dan SMP, kemudian untuk siswa SMA yakni fisika. Hal ini berarti kurangnya pemahaman siswa terhadap soal hitungan atau soal yang menggunakan rumus tertentu. Namun setelah di jelaskan mengenai soal yang kurang dipahami, siswa atau masyarakat sasaran sudah mulai lebih memahami.

  Berikut merupakan tautan yang digunakan untuk bahan pelatihan belajar dan kegiatan evaluasi:


Tentang Penulis
Gusti Ayu Teristalya Merata Putri