Tanggal 29 – 31 Juli 2020, merupakan pelaksanaan program
kerja evaluasi kegiatan dengan langkah membagikan kuisioner Google Form kepada masyarakat sasaran (mitra)
di Whatsapp Grup. Sistem pengisian kuisioner tersebut terbilang sederhana, yaitu mitra
diminta untuk mengklik link berikut: https://forms.gle/piBoKfNFg4P5NaHy9,
dan selanjutnya, mengisi identitas, seperti nama, pekerjaan, dan alamat rumah serta menjawab pertanyaan-pertanyaan. Pada
daftar pertanyaan pun, dibuat sederhana dan mudah, masyarakat hanya mengklik pernyataan
yang sesuai dengan pengalaman saat mengikuti pelatihan pembuatan poster digital
ini. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuisioner tersebut diantaranya,
fungsi poster digital dalam melakukan pemasaran produk mitra, sifat materi yang
disampaikan penulis dalam membantu pembuatan poster digital, penilaian
fleksibilitas terlaksananya pelatihan, target luaran kepada mitra berupa
pengetahuan pembuatan poster digital, hingga kemampuan mitra membuat poster
secara mandiri berdasarkan perspektif mitra. Tujuan diadakan evaluasi ini, yakni
untuk mengukur seberapa jauh tercapainya target luaran KMbD ini disamping
mengerti akan cara pemasaran online, seperti mitra mendapatkan pelatihan yang
sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan paham akan cara-cara pembuatan
poster digital.
Pengisian kuisioner oleh mitra, selesai pada 31 Juli
2020, bertepatan dengan jadwal penulis. Tidak ada kendala yang signifikan saat
pelaksanaan proker ini. Dari kelima mitra yaitu: Kadek Santiani, Kadek Sariani,
Dewa Gede Widiada, Ni Luh Suranadi, dan Ni Nengah Joli, telah mendapatkan
pelatihan yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, sehingga target luaran
pertama telah terpenuhi. Permasalahan yang dihadapi tersebut, belum mengertinya
mengenai pemasaran online.
Program Kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya,
memberikan hasil bahwa masyarakat telah mengerti mengenai pemasaran online
dengan memanfaatkan pemasaran melalui sosial media masing-masing, Facebook
maupun Whatsapp. Untuk permasalahan prioritas lainnya, yakni,
menurunnya penjualan mitra, belum dapat dievaluasi secara penuh karena rentang
waktu pengunggahan hingga sekarang, hanya sekitar 3 hari. Sehingga, belum
menampakkan adanya peningkatan penjualan dari mitra. Namun, seluruh mitra sudah
mengerti akan pemasaran online dapat menjadi bekal, untuk memasarkan produknya.
Berdasarkan data hasil kuisioner, didapat hanya 40% atau 2 mitra yang menjawab “mungkin
kedepannya dapat membantu” untuk pertanyaan pertama serta sisanya menjawab “membantu”.
Pertanyaan kedua, 1 orang menjawab “kurang membantu” mengenai materi pembuatan
poster, dan sisanya menjawab “membantu”. Fleksibilitas pelatihan terlihat tidak
mengganggu aktivitas normal mitra, dengan hasil 100% menjawab “tidak mengganggu”.
Sayangnya, pada pertanyaan keempat, terdapat 2 mitra yang menjawab “masih ada
sedikit yang belum dimengerti” mengenai cara pembuatan poster digital yang
mengindikasikan bahwa terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pelatihan ini. Hipotesis
yang mungkin yaitu materi yang disampaikan tidak sepenuhnya dimengerti oleh
beberapa mitra atau mitra masih perlu bimbingan penulis dalam pembuatannya. Namun,
untuk target luaran kedua ini dianggap cukup berhasil, karena menurut data,
terdapat 3 mitra atau sebagian besarnya yang menyatakan “sudah mengerti” akan pembuatan poster digital
secara mandiri. Terakhir, 60% atau 3 mitra menjawab “tetap menggunakan” terkait
penggunaan poster digital dalam pemasaran kedepannya, yang artinya mitra akan
terus membuat dan menggunakan poster digital sebagai media marketing produknya. Sisanya, mitra menjawab “mungkin hanya beberapa
waktu menggunakan”.
Dapat disimpulkan, secara garis besar, target luaran
telah tercapai. Harapan penulis kedepannya bagi mitra, dapat mendongkrak
penjualan serta menambah pelanggan melalui pengetahuan pembuatan poster digital
dan cara pemasaran di media sosial.