Evaluasi Kegiatan KMbD Tahun 2020

Pada hari ini saya melaksanakan evaluasi kegiatan bersama masyarakat sasaran dengan tujuan untuk mengetahui manfaat dan kendala yang saya dan masyarakat dapatkan dan alami selama kegiatan ini berlangsung. Dalam evaluasi kegiatan ini saya mengirim pertanyaan dalam bentuk  link google form kepada masyarakat sasaran melalui WhatsApp Group untuk mengetahui manfaat dan kendala yang didapat. Dari google form dan juga komunikasi di wa bahwa  manfaat dan kendala yang didapat oleh masyarakat sasaran yaitu sebagai berikut:

*Manfaat:

  1. Menambah pengetahuan masyarakat sasaran dalam hal bisnis online
  2. Mempermudah masyarakat sasaran dalam menjual barang dagangannya.
  3. Efisien waktu dalam menjual barang dagangannya melalui media online.
  4. Kegiatan ekonomi menjadi berjalan  lancar dengan cara solusi berjualan online.

*Kendala:

  1. Kendala pada penyampaian informasi karna beberapa masyarakat sasaran jarang melakukan komunikasi melalui media online.
  2. Penyampaian materi kurang jelas karna hanya mengandalkan media online (susah sinyal).
  3. Kendala pada sinyal untuk upload gambar saat berjualan online.

Manfaat yang saya dapat selama berjalannya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan saya mengenai setiap langkah kegiatan ini dilaksanakan yaitu mengenai pembuatan tugas tugas yang dijadwalkan ,pembuatan proposal final yang berisikan berbagai permasalahan masyarakat sasaran sampai dengan pemberian solusi kepada masyarakat sasaran, merencanakan dan membuat strategi agar kegiatan berjalan sesuai target saya dan masyarakat sasaran.

Kendala yang saya alami selama kegiatan KMbD ini berlangsung yaitu:

  1. Sulit berkomunikasi dengan masyarakat sasaran karena tidak terbiasa dan jarang menggunakan sosial media.
  2. Kendala pada penyampaian materi karna beberapa masyarakat sasaran susah mendapatkan sinyal.
  3. Sulit melatih beberapa masyarakat sasaran yang fakum dalam bersosial media.



Tentang Penulis
Ni Putu Sri Nurpitriana