Evaluasi Kegiatan Pelaksanaan KKNbD Tahun 2021 di Desa Tojan, Klungkung

Pada tanggal 1-2 Agustus 2021 telah dilaksanakan kegiatan evaluasi pelaksanaan kegiatan KKNbD Tahun 2021. Kegiatan diawali dengan memberikan kuisioner kepada masyarakat sasaran yang dibuat melalui google form. Kuisioner tersebut berisi tentang identitas masyarakat kemudian terdapat beberapa pertanyaan terkait dengan pemahaman, manfaat, kritik dan saran serta foto hasil program kerja dalam KKNbD yang yang telah dilaksanakan masyarakat sasaran yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi. Kuisioner ini dibagikan secara online melalui group whatsapp,  kemudian masyarakat diminta untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan program kerja dalam kegiatan KKNbD. Setelah diberikan kuisioner masyarakat merespon dengan sangat baik dan mengisi kuisioner yang sudah diberikan. Diakhir kegiatan, saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sasaran karena telah mengikuti kegiatan KKNbD tahun 2021 ini dengan sangat baik.

Dari hasil kuisioer masyarakat sasaran yang berjumlah 5 orang dapat dilihat bahwa menurut masyarakat sasaran program kerja ini sudah dijalankan dengan sangat baik. Setelah diberikan materi dalam bentuk power point terkait program kerja dalam KKNbD  yaitu cara meningkatkan rasa percaya diri dalam berwirausaha dan cara memulai suatu usaha dengan modal yang minim,  semua masyarakat sasaran sudah paham dan mampu meningkatkan rasa percaya diri untuk berani memulai usaha dengan modal yang minim. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian video pelatihan berupa video tutorial cara membuat produk usaha mikro berupa cara pembuatan olahan jajanan kentang masyarakat sasaran sudah bisa dan mampu membuat olahan jajanan kentang tersebut walaupun ada beberapa masyarakat sasaran yang hasil olahannya tidak sesuai dengan hasil dari video yang dibagikan. Dan selanjutnya dengan pemberian video edukasi cara mengatur modal usaha mikro, masyarakat sasaran  mampu mengatur pendapatan yang diperoleh dengan membuat catatan keuangannya sehingga bisa melakukan pengelolaan modal untuk penjualan berikutnya sesuai dengan video tutorial yang telah saya bagikan.

Dengan adanya kegiatan KKNbD ini masyarakat mengaku mendapatkan manfaat yang sangat baik dengan adanya program kerja ini yaitu dari materi dan tutorial yang sudah diberikan, masyarakat sasaran menjadi percaya diri dalam menjalankan usaha kecil-kecilan di tengah pandemi ini walaupun hanya di rumah dan pendapatannya sedikit tetapi sangat bermanfaat untuk membeli keperluan rumah tangga. Masyarakat sasaran juga bisa mengatur dan mengelola modal usahanya untuk menghindari terjadinya kerugian, dan adanya tutorial yang diberikan masyarakat sasaran bisa berinovasi dalam membuat dagangan yang akan dijual. Masyarakat sasaran tidak mengalami kesulitan selama mengikuti program kerja ini dikarenakan materi maupun tutorial yang diberikan mudah dipahami. Harapan mereka yaitu agar  kedepannya program seperti ini tetap dilaksanakan karena dengan adanya program ini generasi muda bisa memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. Sesuai dengan evaluasi yang sudah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa program kerja ini sudah berhasil dilakukan dan sesuai dengan target yang ingin dicapai, yaitu :

- Masyarakat sasaran mampu meningkatkan rasa percaya diri untuk berani memulai usaha dengan modal yang minim

- Masyarakat sasaran mampu mempraktekkan cara membuat produk usaha mikro yaitu jajanan kentang ARAB dan cara membuat kemasanya

- Masyakatat sasaran memperoleh pemahaman mengenai cara mengelola modal usaha dengan efektif.

Berikut ini link dokumentasi evaluasi kegiatan KKNbD :

https://drive.google.com/folderview?id=1aYaJnPErKTgoO61b4hJ8X0nvANQkLcV4


Tentang Penulis