Evaluasi Kegiatan Pembelajaran Online Siswa SMP Kelas 9 Pada Masa Pandemi Covid-19

Pada Minggu, 2 Agustus 2020 merupakan hari terakhir kegiatan pembelajaran online siswa SMP kelas 9 pada pelaksanaan kegiatan KMbD Tahun 2020. Untuk melihat keefektifan selama kegiatan, saya membuat evaluasi dengan menggunakan google form.

Sebanyak 7 orang yang berpartisipasi dalam pengisian google form yakni Adinda Deria, Alna Ladaina, Amanda Novriyani, Danisa Putri, Faiza Zahra, Muhammad Farros, dan Rahel.

Adapun hasil dari pengisian google form yaitu :

  • Apakah video pembelajaran yang diberikan menarik?; sebanyak 100% menjawab Ya.
  • Apakah dengan adanya video pembelajaran tersebut dapat membantu anda dalam memahami materi pelajaran?; sebanyak 100% menjawab Ya.
  • Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, apakah anda dapat memahami materi pelajaran?; sebanyak 100% menjawab Ya.
  • Dengan berbagai macam metode yang digunakan, apa yang membuat anda memahami materi pelajaran?; sebanyak 4 orang (57,1%) menjawab menyenangkan, 6 orang (85,7%) menjawab penjelasan mudah dipahami, 5 orang (71,4%) menjawab akses mudah, 0 orang (0%) tidak menyenangkan, dan 0 orang (0%) penjelasan tidak dapat dipahami.
  • Bagaimana kegiatan pembelajaran online yang telah dilaksanakan menurut anda?; sebanyak 42,9% menjawab sangat memuaskan, dan masing-masing sebanyak 28,6% menjawab memuaskan serta cukup memuaskan.

Dari hasil tanggapan masyarakat sasaran KMbD, menunjukkan hasil yang bagus. Dimana masyarakat sasaran lebih memahami dengan pembelajaran melalui video pembelajaran serta adanya pembahasan yang dilakukan.

Dengan terlaksananya kegiatan evaluasi ini maka sekaligus menutup kegiatan KMbD mengenai Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Online bagi Siswa SMP Kelas 9 di Masa Pandemi Covid-19.

Hasil Evaluasi Kegiatan KMbD
https://drive.google.com/drive/folders/1XB31m79MNaLTOKOg8mPHhgt8PqLSsywk?usp=sharing